oleh

HUT Kecamatan Muara Sahung, Pameran Batu Akik Diserbu Pengunjung

-Tak Berkategori-4 views
Wakil Bupati Kaur Yulis Suti Sutri mencoba satu liontin akik
Wakil Bupati Kaur Yulis Suti Sutri mencoba satu liontin akik

Kaur, kupasbengkulu.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Muara Sahung ke-10 di halaman Kantor Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur ramai dikunjungi warga, pasalnya HUT Kecamatan Muara sahung kali ini berbeda dengan HUT beberapa tahun yang lalu, kebetulan sebagai daerah penghasil batu akik Kecamatan ini juga membuka pameran batu akik lokal, dimana ajang ini merupakan tempat pengoleksi dan penggemar batu akik bisa memamerkan koleksinya dan menawarkan harga untuk dijual. Sehingga penggemar bisa melakukan transaksi langsung yang tentunya harganya lebih murah dari biasanya.

Pameran batu akik ini digelar Senin-Selasa (23-24/03/2015) dan hari puncaknya pameran yakni hari Selasa setelah upacara HUT Kecamatan Kabupaten Kaur, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kaur Yulis Suti Sutri sebagai Pemimpin Upacara dan Kapolsek Muara Sahung Ipda Pedi Setiawan sebagai Pembina Upacara yang dihadiri oleh unsur Muspida Kecamatan Muara Sahung, Kepala Dihubkominfo Kabupaten Kaur Asmawi beserta rombongan dan pegawai kantor Camat Kecamatan Muara Sahung dan seluruh Kepala Desa serta siswa siswi Kecamatan Muara Sahung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kaur Yulis Suti Sutri menuturkan dengan HUT Kecamatan ke-10 ini diharapkan kedepannya potensi batu akik yang ada di Muara Sahung ini bisa dimanfaatkan dan dikelola secara baik, sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap masyararakat dan Kecamatan serta Kabupaten.

“Semoga kedepannya pemanfaatan dan pengelolaan batu akik semaksimal mungkin, sehingga memiliki ciri khas tersendiri dan punya nilai seni yang tinggi, ini adalah sumber daya lokal yang luar biasa dan marilah sama-sama kita kelola dengan baik dengan berbagai kreatifitas,” pungkas Wakil Bupati Kaur.

Ditambahkannya dalan segala bentuk kegiatan dapat dikoordinasikan dengan instansi dan dinas terkait. Dan selalu bergandengan tangan untuk mengemban amanah, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera, mandiri, profesional, berkarakteristik dan berbudaya yang tentunya sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang ada.

Setelah Upacara HUT dilanjutkan dengan pembagian piala dan hadiah untuk perlombaan yang telah dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kecamatan serta persembahan tarian tradisional Kecamatan Muara Sahung yakni Tari Dewa Sembilan oleh siswa-siswi SMA Muara Sahung. Kemudian acara dilanjutkan tinjauan Wakil Bupati Kaur beserta rombongan dengan melihat stand pameran batu akik.

Disini terdapat belasan jenis batu akik yang dipamerkan dengan berbagai motif dan entuk seperti cincin dan liontin. Adapun nama jenis batu akik tersebut yakni Cempaka (merah dan yellow), Kinyang, Sulaiman Merah, Panca Lavender, Teratai, Kelawing, Badar Asam, Badar Lumut, Lumut Kabut, Teratai Putih Semut, Zinzky, Kecubung Ulung, Junjung Derajat, Sepritus, Fosil Motif, Limau Manis, Sangkis, Sumur Bandung, dan Kelabang.

Camat Kecamatan Muara Sahung Junis Mawan Tomi menerangkan HUT kali ini dengan potensi yang ada di Kecamatan Muara Sahung, maka digelarlah pameran batu akik Muara Sahung untuk memanjakan penggemar dan pengoleksi batu akik Kabupaten Kaur. Penggemar dengan mudah bisa mendapatkan batu untuk dikoleksi dengan harga yang terjangkau.

“Untuk memanjakan pengoleksi dan penggemar batu akik lokal, maka kita adakan ajang ini, selain barang jadi berupa cincin dan liontin, disini juga pengunjung bisa membeli bahan baku batu akik yang dijual dengan harga yang relatif murah,” ungkap Camat Muara Sahung Junis Mawan Tomi, yang disapa akrab Junis, Selasa(24/03/2015). (mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × 3 =