oleh

Ingat, Melaksanakan Sholat dan Mendirikan Sholat Beda Loh!

-RELIGI-51 views
Ustad. Drs. H. Siun Ruhan, MHI.
Ustad. Drs. H. Siun Ruhan, MHI.

kupasbengkulu.com – Ada yang tahu bedanya atara melaksanakan sholat dengan mendirikan sholat? Menurut Ustad. Drs. H. Siun Ruhan, MHI, melaksanakan sholat hanya sebatas melepas kewajiban. Artinya, hanya melakukan ritual sholat saja, tanpa memiliki kesadaran dan pemahaman mendalam terhadap makna shalat dan tidak mengaplikasikan dalam kehidupan.

Sedangkan mendirikan sholat artinya, tidak hanya sebatas melakukan ritual sholat, karena dibangun dengan landasan kesadaran akan dekatnya Allah Swt serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, sholat disebut tiang agama.

“Tiang tersebut harus didirikan, jika tiang utama ini jatuh, maka bangunan akan roboh. Fungsi shalat bukan sebatas ritual wajib saja, akan tetapi shalat adalah tiang agama dan ibadah mulia yang ditujukan agar manusia terhindar dari perbuatan keji dan munkar,” kata Siun.

Siun menjelaskan, dalam mendirikan sholat haruslah dengan tata cara yang benar, baik dari segi bacaan maupun posisi sholat, sehingga tumahninah. Tumakninah dalam sholat artinya diam sekejap di setiap gerakan sholat. Misalnya kalau ruku, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, maka harus ada waktu untuk diam meskipun sekejap.

Tumakninah juga memberikan manfaat secara nyata bagi tubuh. Diam sejenak saat sujud membuat darah mengalir ke bagian otak tertentu, yang hanya terjadi bila seseorang dalam posisi sujud. Jika sujudnya tidak pakai tumakninah, maka alirah darah belum mencapai bagian otak tersebut, sehingga tidak akan memberikan manfaat yang baik bagi otak/tubuh seseorang yang sedang sholat.

“Pada saat takbir pandangan kedepan menatap ke tempat sujud. Saat rukuk posisi kepala sejajar dengan pungung dan kedua telapak tangan diletakkan tepat diatas lutut. Sementara saat sujud, menampatkan kepala yang merupakan gudang pemikir ini di tempat yang paling rendah, sementara posisi punggung naik,” jelasnya.

Sholat juga merupakan bukti nyata rasa syukur dan penghambaan kepada Allah SWT. Dengan demikian Sholat merupakan ibadah utama yang harus dijalankan oleh seorang muslim, dalam keadaan apapun dan dimanapun.(beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 + 6 =

News Feed