oleh

Ingat! Terkena Liur Hewan Peliharaan Bisa Rabies

Gambar: Ist
Gambar: Ist

kupasbengkulu.com – Peringatan bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, anjing dan kera. Karena setiap air liur yang diteteskan, dapat menyebabkan anak-anak dibawah umur, tertular oleh virus rabies.

Rentannya virus rabies menular ke anak-anak dibawah umur ini, dibuktikan dengan jumlah warga Kepahiang yang tertular sejak beberapa tahun yang lalu, dimana didominasi oleh anak-anak dibawah umur.

“Oleh karena itu, kami dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Kepahiang, telah menjadikan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat ini, sebagai salah satu prioritas kegiatan kami di tahun 2014,” kata Kepala Disnakkan Kepahiang, Ramlan A Gani melalui Kabid Keswan, Hernawan, Rabu (8/10/2014).

Penyuntikan atau pemberian vaksin anti rabies, sebagai salah satu upaya pencegahan selain dari meminta kepada masyarakat lebih mewaspadai anak-anak mereka, dengan tidak membiarkan terlibat kontak langsung dengan air liur hewan peliharaan.

“Pastinya, dalam mencegah virus rabies ini menular ke anak-anak kita, tidak cukup dengan meningkatkan kewaspadaan saja. Tapi harus dengan pemberian vaksin anti virus rabies ke semua hewan peliharaan yang kita miliki,” ungkap Hernawan.

Hernawan menjelaskan, penyuntikan vaksin anti virus rabies ke tubuh hewan peliharaan tidak dipungut biaya terhadap masyarakat pemiliknya. Semuanya sudah dianggarkan oleh pemerintah.

“Sekarang ini, kita semua patut mendukung program ini. Jangan biarkan hewan peliharaan kita menularkan virus rabies terhadap anak-anak kita,” demikian Hernawan.(cr11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed