oleh

Ini Cara Disayang Mertua…

Ilustrasi, Foto: Istimewa
Ilustrasi, Foto: Istimewa

kupasbengkulu.com – Ketika seseorang menikah, hubungan yang ada tidak hanya sebatas anda dengan pasangan tapi juga keluarga dan teman-temannya. Pastinya kita juga akan mendapat orang tua baru yang sepatutnya kita perlakukan seperti orang tua kita sendiri.

Hubungan baru ini, tidak semuanya berjalan baik dan harmonis. Banyak sekali kita dengar cerita perselisihan antara menantu dan mertua, parahnya kondisi ini dapat mengganggu bahterah rumah tangga kita sendiri.

Agar Anda tak menjadi bagian dari kisah buruk menantu dan mertua, ikuti tips berikut sehingga hubungan Anda dengan mertua tetap harmonis.

Tetapkan batas

Ketahui kemampuan diri Anda. Jangan membuat janji-janji muluk pada mertua dan biarkan ia tahu batas diri Anda.

Jika Anda berpikir mertua akan mengatur ini itu, maka Anda tetap harus memprioritaskan tugas Anda sehingga tanpa berbicarapun, mertua sudah tahu apabila Anda menentukan batas di mana ia boleh campur tangan. Ingatlah bahwa aksi lebih nyata berbicara ketimbang pernyataan Anda.

Jangan keburu panggil mediator

Apabila Anda merasa ada masalah dengan mertua, jangan keburu meminta mediasi dari siapapun. Cobalah untuk menghadapi sendiri agar isu-isu komunikasi dapat dijelaskan dan tidak sampai berkembang menjadi gosip tak jelas.

Jika komunikasi antara Anda dan mertua berjalan baik, maka akan kecil kemungkinan masalah Anda menjadi lebih rumit. Bahkan, akan lebih mudah bagi Anda untuk berdamai dan sama-sama mengenali watak masing-masing.

Jadilah diri sendiri

Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain, jadilah diri Anda sendiri. Begitu mertua Anda mengenal Anda seperti apa adanya, maka akan jauh lebih mudah menghadapi ketika ada masalah.

Bahkan mereka akan lebih mudah jatuh cinta dengan karakter asli diri Anda dibandingkan apabila Anda berusaha menjadi menantu kesayangan.

Jangan terlalu berharap

Ketika melakukan sesuatu untuk mertua, lakukanlah dengan tulus. Jangan terlalu berharap dan berpikir bahwa Anda akan mendapatkan pujian atau apapun itu. Lakukan saja.

Melihat dari sisi positif

Ketika ada omongan miring atau sedikit menusuk hati, jangan keburu emosi. Pikirkan dari sisi positif terlebih dahulu sehingga emosi kembali reda dan Anda bisa segera beraktivitas lagi.

Yang tak kalah penting, buatkan aneka panganan lezat untuk mertua dan manjakan mereka dengan kesehatannya. Jadilah menantu idaman dan yang paling disayang mulai dari sekarang. (she)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed