Selasa, April 23, 2024

Ini Dia Titik Rawan di Pantai Panjang Bengkulu

kupasbengkulu.com – Obyek Wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu merupakan Objek Wisata kebanggaan kota ini, merupakan pantai terpanjang di Indonesia dan pantai terpanjang se-Asia Tenggara. Keindahan wisata bahari yang tidak bisa dilewatkan.

Pasir putih yang membentang dengan panjang sekitar 7 km dan air laut yang jernih jadi andalan Pantai Panjang yang terdapat di jalan Pariwisata Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Selain itu, pantai ini juga salah satu objek wisata terpendam dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan dapat membuka inspirasi akan kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Belum ke Bengkulu, kalau belum menjejakkan kaki di Pantai Panjang begitulah pameo yang terkenal orang Bengkulu. Namun, dibalik itu semua, pantai ini memiliki 3 titik rawan untuk para pelancong mandi di air pantai ‘Dilarang Mandi’. Larang mandi tersebut terdapat di depan Hotel Pasir Putih atau pantai ujung, titik kedua terdapat di depan Hotel Raffles City atau berada dimuara pantai panjang dan titik ke tiga terdapat di kisaran depan Hotel Horizon Kota Bengkulu. Pasalnya, dari tahun ke tahun di 3 titik tersebut selalu meminta korban?

Tercatat akhir Desember lalu, tiga remaja pengunjung Pantai Panjang, Kota Bengkulu yakni Putra, Gilang dan Sandi Wendra diduga tewas terseret ombak saat bermain sepakbola, Sabtu (28/12/2013) di Obyek Wisata Pantai Panjang Ujung atau Pasir Putih.

Berselang 3 bulan kemudian, di lokasi yang sama Pantai Panjang kembali memakan korban wisatawan asal luar Kota Bengkulu, kejadian itu terjadi, Sabtu (29/3/2014) sekitar pukul 15.01 WIB saat tengah asik mandi. Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang Fakultas Pertanian Jurusan Teknik Hasil Pertanian, Fidolin Marpaung (21) yang indekos di Jalan Nusantara Kelurahan Timbangan, Kecamatan Indralaya Palembang di gulung ombak.

Nelayan Pantai Panjang Bengkulu, Zulkifli mengatakan, posisi tenggelamnya korban berada di lokasi yang dasar air laut berbentuk melengkung kebawah. Sehingga, saat diterpa ombak besar korban langsung digulung ke bagian bawah.

”Bentuk di bagian bawah korban tenggelam itu, melengkung kebawah. Jadi, saat ada ombak maka siapa saja yang ada disana akan di gulung,” kata Zulkifli (48), Sabtu (29/3/2014) di lokasi kejadian.

Dibagian lain, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bengkulu, Herman mengatakan, di obyek wisata terdapat 3 titik rawan yang setiap pengunjung di larang mandi. Pertimbangan tersebut, lantaran bentuk ombak di 3 titik tersebut membesar sewaktu-waktu.

”Sepanjang Pantai Panjang ini ada 3 titik rawan yang di larang mandi, di Pantai Ujung (pasir Putih), di depan hotel Raffles City, dan depan Horizon, di dua titik sudah dipasang merek di larang mandi. Namun, di Pasir Putih belum ada di pasang,” jelas Herman di lokasi kejadian, Sabtu (29/3/2014).

Secara terpisah, Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamudin mengimbau, Obyek Wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, berbeda dengan pantai yang ada di tempat lain. Pasalnya, pantai panjang Bengkulu terdapat karang dan dibagian dasarnya berbentuk melengkung. Dirinya, meminta, untuk para pengunjung untuk tidak mandi di mana lokasi yang rawan.

”Ini menjadi perhatian kita semua, dan para pengunjung diimbau agar tidak mandi di lokasi yang rawan dengan tujuan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” demikian Sultan.(gie)

 

 

Related

Polres BS Serahkan Kembali Kendaraan yang Dititipkan Warga Usai Mudik Lebaran

Polres BS Serahkan Kembali Kendaraan yang Dititipkan Warga Usai...

Rakor Pengendalian Inflasi, Pemkot Komitmen Jaga Stabilitas Harga Pangan

Rakor Pengendalian Inflasi, Pemkot Komitmen Jaga Stabilitas Harga Pangan...

Spanduk Tolak Kenaikan BBM dan Tarif Listrik Hiasi Kota Bengkulu

Spanduk Tolak Kenaikan BBM dan Tarif Listrik Hiasi Kota...

Caleg Terpilih yang Dilantik Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Caleg Terpilih yang Dilantik Harus Mundur Jika Maju Pilkada...

Pemkab Kaur Gelar Rapat Persiapan HUT Kabupaten Kaur Ke-21

Pemkab Kaur Gelar Rapat Persiapan HUT Kabupaten Kaur Ke-21...