oleh

Ini Penyebab Aksi Mogok di Perusahaan Bengkulu Utara

Nokupasbengkulu.com –  Munculnya aksi mogok kerja dilakukan oleh buruh di perusahaan disebabkan adanya ketidakharmonisan pihak perusahaan dengan karyawan. Pemenuhan kewajiban pihak perusahaan seringkali mengambaikan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bengkulu Utara, didampingi Kennedi Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Ketenagakerjaan kepada kupasbengkulu.com, Kamis (28/8/2014).

“Sejauh ini yang dapat kita amati sering terjadi aksi mogok kerja disuatu perusahaan, baik itu pertambangan dan perkebunan disebabkan adanya ketidakharmonisan pihak perusahaan dengan karyawan,” jelas Kennedi, Kamis (28/8/2914).

Ia menambahkan, aksi mogok kerja Tenaga Harian Lepas (THL) sebanyak 57 orang di salah satu perusahaan perkebunan sawit beberapa hari lalu, sebetulnya ada kebijakan internal yang dilakukan oleh pihak perusahaan itu sendiri. Dari hasil kunjungan ia ke pihak perusahaan, bahwa perusahaan tersebut sedang efisiensi. Artinya kebijakan itu kewenangan pihak perusahaan dan dinas tidak bisa ikut dalam hal itu.

“Pihak dinas dalam menyelesaikan persoalan tenaga kerja disuatu perusahaan hanya sebatas hak tenaga kerja. Dari hasil rapat kita dengan pihak perusahaan,dari 57 orang
tersebut akan dikurangi sebanyak 27 orang. Pihak perusahaan harus mengurangi tenaga kerja. Dan bagi tenaga kerja yang mengundurkan diri,pihak perusahaan akan memberikan uang pesangon,” pungkas Kennedi.(jon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty + 19 =

News Feed