oleh

Jalan Lintas Gunung lancar, Tapi Tetap Waspada

Longsor di Kabupaten Bengkulu Tengah.
Longsor di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bengkulu Tengah, Kupas Bengkulu.com-Longsor di jalan lintas gunung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tepatnya di Kecamatan Taba Penanjung, kini telah dapat dilalui kendaraan. Kamis (12/05/2016)

Meskipun  bencana ini tidak ada korban jiwa, tapi  sempat menyebabkan arus lalu lintas macet total sepanjang lima kilo meter.

investigasi report terakhir dilapangan,  longsor terjadi pada tiga titik lokasi,  sejak pukul 04.30 WIB. Beberapa saat kemudian, ada tiga  pohon tumbang.   Salah satunya pohon rambutan,  yang diperkirakan berusia tua, dengan diameter 3,5 Meter, dan sempat  memalangi badan jalan.

Sejumlah alat berat telah diterjunkan dilokasi kejadian pada pagi harinya. Anggota TNI dan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron ikut bersama-sama  kelokasi, untuk mengamankan situasi dan mengurai kemacetan.

Dalam waktu bersamaan, BPBD Bengkulu tengah terus berusaha mengepekuasi tanah serta  batang pohon dari badan jalan.   Sekitar pukul 09.30 WIB, longsor kembali terjadi dari tebing curam setinggi kisaran 10 Meter.

Lima batang pohon berdiameter satu meter menutupi badan jalan. Kemacetan arus lalu lintaspun bertambah panjang. Baik dari Bengkulu ke Kepahiang maupun sebaliknya.

Setelah beberapa jam, BPBD Bengkulu dibantu TNI-Polri dan masyarakat, berhasil membersihkan badan jalan dari material longsor. Sehingga arus lintasan  jalan gunung berangsur normal.

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron di lokasi kejadian menerangkan, pihaknya menerima laporan, ada kejadian longsor di jalan lintas gunung menjelang  pagi hari.

“Sekitar pukul 04.30 WIB, setelah mendapat laporan petugas, langsung menuju lokasi. Proses pembersihan material lama lantaran longsor, bukan terjadi sekali, tapi berulang kali. Namun kini sudah bersih dan kendaraan sudah bisa lewat,” terangnya. (adek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed