oleh

Jelang Imlek, Vihara Mulai ‘Bersolek’

Menjelang peringatan Hari Raya Imlek, 31 Januari mendatang. Saat ini Vihara Buddha-Yana mulai bersolek.
Menjelang peringatan Hari Raya Imlek, 31 Januari mendatang. Saat ini Vihara Buddha-Yana mulai bersolek.

kupasbengkulu.com – Menjelang peringatan hari Tahun Baru Imlek 2565/2014, 31 Januari mendatang. Saat ini Vihara Buddha-Yana (Tempat Ibadah Umat Buddha) Jalan DI. Panjaitan No. 161 Kota Bengkulu mulai bersolek. Hal ini ditandai dengan berbagai persiapan, mulai dari lampu pita sebanyak 200 buah, lampion warna merah serta membersihkan peralatan dan perlengkapan peribadatan yang akan digunakan saat pelaksanaan Imlek.

”Kita mulai bersih-bersih Vihara, dan semua kebutuhan saat imlek nanti seperti Lampion, lilin pita, dupa serta lainnya mulai dilengkapi secara keseluruhan,” kata penjaga Vihara Buddhayana, Kota Bengkulu, Sulandi, Jumat (24/1/2014).

Ia menambahkan, dalam peringatan Tahun Baru Imlek, bukan hanya dilakukan oleh umat Buddha. Namun, juga diikuti oleh umat Hindu.

Selain itu, tambah dia, untuk pelaksanaan sembahyang saat Imlek di Vihara Buddha-Yana, dengan jemaah kisaran 200 jemaah yang mayoritas di Kota Bengkulu. Dalam pelaksanaan sembahyang nanti, seluruh jemaah akan dipimpin oleh Bikuh (Pemimpin Sembahyang).

”Di Vihara ini bisa menampung jemaah kisaran ratusan orang. Saat Imlek nanti, umat Buddha dan Hindu sembahyang di sini,” jelas  Sulandi.

Hari Raya Imlek, jelas Sulandi, merupakan hari bahagia untuk memperingati hari yang penuh berkah. Dalam peringatan Hari Raya Imlek tersebut berlangsung selama 3 hari. Terhitung sejak hari Kamis (30/1) disebut dengan Penghidupan Pelita, yang mulai berlangsung sekitar pukul 07.01 WIB dengan kegiatan Kheng.

Sementara hari Jumat (31/1) , kegiatan Imlek yang dimulai sejak pukul 05.01 WIB, dengan sesi kegiatan Paritta. Dilanjutkan pada pukul 07.01 WIB dengan agenda Kheng, seterusnya pukul 10.01 WIB kegiatan Sangkung, dan pukul 18.01 WIB dengan agenda kegiatan berupa Paritta. Dan untuk hari terakhir Sabtu (1/2/2014) agenda penutupan Pelita, dengan acara kegiatan Kheng.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed