Selasa, Mei 28, 2024

Kadiskominfo Bengkulu Selatan Dorong Pelayanan Publik Berbasis Elektronik

Kadiskominfo Bengkulu Selatan Dorong Pelayanan Publik Berbasis Elektronik

Tue, 05/07/2024 – 16:14

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengambil langkah-langkah strategis guna meningkatkan pelayanan publik melalui transformasi digital. Salah satu langkahnya adalah dengan mengikuti Webinar Ekspose Best Practices Pelayanan Publik Berbasis Elektronik.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Fariq Hafiz transformasi digital menjadi parameter penting dalam suatu standar pelayanan publik.

“Dalam kaitannya Pemkab Bengkulu Selatan bakal mencetuskan ide Mal Pelayanan Publik (MPP) digital, yang bertujuan menyediakan layanan publik terintegrasi dalam satu wadah,” ujarnya.

Fariq menekankan urgensi langkah proaktif dari pemerintah daerah di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Dalam pandangannya, upaya percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital merupakan prioritas.

“Dinas Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk mendorong terciptanya layanan publik yang efisien, mudah diakses, dan terpadu melalui langkah-langkah strategis,” ujar Fariq.

Salah satu strategi yang ditekankan adalah penyederhanaan proses bisnis pelayanan publik untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu layanan kepada masyarakat. Tujuannya adalah memudahkan warga dalam mengakses layanan pemerintah dengan lebih cepat dan efektif.

Selain itu, untuk memperkuat integrasi layanan digital, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten BS berupaya mengkonsolidasikan seluruh aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke dalam satu portal layanan pemerintah daerah.

“Dengan langkah ini, kami berharap dapat menciptakan pintu gerbang unik bagi masyarakat untuk mengakses berbagai jenis layanan pemerintah secara digital dari satu tempat,” tutup Fariq. [Adv]

Bengkulu Selatan
Advertorial 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...