oleh

Kamis, Nasib Pasar Tais Diputuskan

Rapat tim terpadu relokasi Pasar
Seluma, kupas Bengkulu.com – Tim terpadu relokasi Pasar Mingguan Tais menggelar rapat lanjutan untuk memutuskan kepastian penutupan pasar diruang rapat Bupati Seluma Jumat (31/03/2017).
Dalam rapat yang digelar, juga menghadirkan perwakilan pedagang dan ahli waris lahan pasar.
“Tujuan pemerintah untuk memajukan daerah, relokasi pedagang pasar Tais bertujuan untuk mengaktifkan pasar harian di kelurahan Sembayat,”kata Sekda Seluma Irihadi.
Dalam rapat yang menghadirkan ahli waris ini, Sekda meminta agar seluruh ahli waris bermusyawarah untuk memutuskan apakah setuju untuk ditutup atau tidak sehingga pemerintah daerah dapat mengambil langkah selanjutnya.
“Kami tidak mencampuri persoalan ahli waris, yang jelas pemerintah menginginkan agar masyarakat mendukung program pemerintah,”sampainya.
Perwakilan ahli waris yang mengikuti rapat yaitu, Efendi mengatakan mendukung program pemerintah. Sisi lain Jahami yang juga ahli waris menolak penutupan pasar dengan alasan sesuai amanah orang tua lahan tersebut merupakan hibah untuk pasar. Kemudian Aminudin juga ahli waris meminta agar pemerintah mencari dulu kebenaran pemilik ahli waris agar mempermudah memecahkan masalah. Sementara untuk perwakilan pedagang Rusdi yang juga ahli waris, juga menolak penutupan pasar Tais dengan alasan pasar Sembayat tidak menjanjikan karena belum menjadi pasar harian dan infrastruktur jalan masih banyak yang perlu di perbaiki.
“Bukan nya kami tidak mendukung program pemerintah, kami hanya mempertahankan isi perut, mohon kebijakan pemerintah untuk mengizinkan kami tetap berjualan di pasar Tais,”kata Rusdi.
Wakil Bupati Seluma Suparto yang memimpin rapat, meminta agar seluruh ahli waris mengadakan rapat untuk membahas terkait kepemilikan lahan di lokasi pasar Tais agar tidak terjadi keributan antara masyarakat maupun pedagang.
“Kesepakatan itu semuanya, baru bisa diputuskan,”ujarnya.
Sementara itu, kepala dinas Disperindagkop Seluma Mulyadi Joyo Martono mengatakan keputusan hasil rapat antara ahli waris akan dimusyawarahkan kembali pada Kamis (06/04/2017), kemudian jika tetap tidak ada hasil barulah pemerintah mengambil langkah selanjutnya.
“Jika tetap tidak ada hasil barulah​ pemerintah mengambil langkah apakah akan digusur atau bagaimana,”tandasnya.
Rapat juga dihadiri oleh, Dandim 0425 Seluma Letkol Inf Arief Budiarto, Kapolres Seluma AKBP Raden Tri Wahyu Budiyanto, Waka Polres Seluma Kompol Frengky Leo, Kabag Ops Polres Seluma Kompol Sugeng Hari P, Danramil Tais Kapten Inf Siswan Afandi, Kapolsek Tais Iptu Erus Rustandi, Para kepala dinas beserta undangan lainnya.
Pemda Seluma melakukan relokasi pasar guna mengaktifkan pasar harian Sembayat. Sisi lain pedagang Pasar Tais telah melaporkan Pemda Seluma ke Komnas HAM beberapa waktu lalu.(sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed