oleh

Kampanye Terbuka Mulai 16 Maret

Gambar: Istimewa
Gambar: Istimewa

kupasbengkulu.com – Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlisyah, S.Pd, M.Si, mengungkapkan kampanye terbuka calon legislatif 2014 akan dimulai pada 16 Maret mendatang. Kampanye akan berlangsung selama 21 hari.

“Berdasarkan jadwal, kampanye terbuka dilakukan selama 21 hari dimulai tanggal 16 Maret hingga 5 April nanti. Selama ini caleg melaksanakan rapat umum dan pemasangan iklan di media, baik cetak elektronik maupun media online,” terang Darlinsyah, Senin(10/2/2014).

Dijelaskannya, dalam Peraturan KPU RI No.01 tahun 2013 tetang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, pada Bab VI tentang larangan kampanye pada pasal 32 disebutkan, pelaksana kampanye dalam kegiatan berkampanye dilarang mengikutsertakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI dan Kepolisian RI, kepala desa ataupun perangkat desa.

Larangan tersebut juga diberlakukan bagi ketua, wakil ketua, ketua muda, hakim agung pada mahkamah agung, dan hakim pada semua badan peradilan dibawahnya dan hakim konstitusi pada mahkamah konstitusi. Termasuk melibatkan gubernur, deputi gubernur senior termasuk deputi gubernur Bank Indonesia, direksi, komisaris, dewan pengawas karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Selain dilarang melibatkan PNS dan TNI/Polri peserta peilu juga dilarang menjanjikan atau memberikan uang /materi lainnya saat kampenye,” ujang Darlinsyah.

Menurutnya, saat berkampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan calon atau peserta pemilu lain. Kampanye juga dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan. Membawa dan menggunakan tanda gambar atau atribut lain selain tanda gambar dan atribut peserta pemilu yang bersangkutan.

“Kampanye juga akan diawasi oleh Panwaslu, jadi bagi caleg yang melanggar aturan kampanye tentu akan mendapatkan sanksi,” pungkasnya. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed