oleh

Kecamatan Pino Masat Jawara Seni Dendang

Dendang
Dendang

bengkulu selatan, kupasbengkulu.com – Tim kesenian dendang asal Kecamatan Pino Masat berhasil menjadi jawara atau menjuarai Lomba Seni Dendang dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  Kabupaten Bengkulu Selatan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Sabtu (7/3) malam.

“Semua perwakilan dari kecamatan kita undang, namun dari 11 kecamatan yang ada, hanya 8 kecamatan yang tampil dalam perlombaan seni dendang ini,” kata salah seorang panitia lomba yakni Yusnan.

Peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari, Kecamatan Pino, Ulu Manna, Pasar Manna, Manna, Pino Raya, Bunga Mas, Seginim dan Air Nipis. Sedangkan kecamatan yang tidak mengirimkan peserta yakni Kecamatan Kota Manna, Kedurang dan Kedurang Ilir.

“Juara satu dari Kecamatan Pino Masat, Juara dua Kecamatan Bunga Mas dan juara ketiga dari Kecamatan Seginim,” ujar Yusnan.

Ditambahkan Yusnan, dalam lomba seni dendang ini, diikuti oleh 10 pria dalam setiap group. Adapun yang diperlombakan yakni Dendang Ketapang dan Tari Reduak.

Kriteria penilaian yaitu kekompakan, Suara, Degam, Rentak dan Sebelit.

“Lomba seni dendang ini digelar, tak lain tujuannya adalah untuk mempertahankan seni daerah Bengkulu Selatan. Jangan sampai kesenian daerah ini hilang akibat dampak dari kemajuan teknologi sekarang ini, katanya.

“Peserta terbaik mendapatkan piala bergilir dari Bupati Bengkulu Selatan Reskan E Awaludin,” tutup Yusnan.(tom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 + nine =

News Feed