oleh

Kementerian PU Bangun Penyedia Air Minum di Seluma dan Benteng

Nokupasbengkulu.com – Kementerian Pekerjaan Umum akan membangun sembilan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) senilai Rp 5,12 triliun. Empat di antaranya telah dimulai pada 2014 dan sisanya dibangun pada 2015.

Menurut Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Mochammad Natsir, SPAM ini bisa memenuhi kebutuhan air minum di daerah. Instalasi itu melengkapi SPAM regional yang ada saat ini, “Yakni SPAM Bregas di Jawa Tengah dan SPAM Bali Selatan,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 4 September 2014.

SPAM Bregas yang menelan dana Rp 515 miliar memiliki debit air 650 liter per detik. SPAM ini bisa memenuhi kebutuhan untuk daerah Brebes dan Tegal. Sedangkan SPAM regional Bali Selatan dengan kapasitas produksi 600 liter per detik. Proyek dengan investasi Rp 712,59 miliar itu mampu mengairi wilayah Klungkung, Gianyar, Badung, dan Denpasar.

Natsir mengatakan proyek SPAM yang akan dikerjakan pada 2014 adalah Regional Metro Bandung di Jawa Barat, Regional Kartamantul di Yogyakarta, Regional Banjar Bakula di Kalimantan Selatan, dan Regional Pasigala di Sulawesi Tengah. Keempat proyek itu membutuhkan anggaran Rp 1,48 triliun dan mampu memproduksi 3.150 liter air per kubik.

Sedangkan pada tahun 2015, pemerintah merencanakan membangun lima SPAM lagi. Natsir mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan proses Kesepakatan Bersama (KSB), Perjanjian Kerja Sama (PKS), dan membentuk skema pembiayaan bersama pemerintah provinsi, kota serta swasta. “Pembiayaannya nanti tergantung kesiapan fiskal masing-masing daerah,” katanya.

Kelima SPAM tersebut adalah Regional Mebidang di Sumatera Utara, Regional Payakumbuh, dan Limapuluh Kota di Sumatera Barat, Regional Bengkulu, Bengkulu Tengah, dan Seluma di Bengkulu, Regional Keburejo di Jawa Tengah serta Regional Mamminasata di Sulawesi Selatan. Seluruh proyek ini memiliki kapasitas produksi 4.075 liter air per kubik dan memerlukan dana Rp 3,6 triliun.

tempo.co

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen + fifteen =

News Feed