Kamis, Februari 29, 2024

Kepala DKP Provinsi Bengkulu Pastikan Pembangunan PPN Sesuai Rencana

Kepala DKP Provinsi Bengkulu Pastikan Pembangunan PPN Sesuai Rencana

Fri, 12/01/2023 – 09:56

Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Syafriandi bersama rekanan saat meninjau lokasi pembangunan PPN di Seluma. Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu Syafriandi terus memastikan agar pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma berjalan dengan baik dan sesuai rencana hingga selesai pekerjaan.

Pada Kamis (30/11/2023) kemarin, menjelang berakhirnya kontrak ketujuh program pembangunan PPN tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi turun langsung ke lokasi pembangunan PPN. Hal ini dilakukan untuk meninjau dan memastikan agar hasil pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dikatakan Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Syafriandi bahwa, saat ini pekerjaan pembangunan PPN telah mencapai 95 persen progresnya secara keseluruhan. Hanya saja, masih ada beberapa catatan khusus bagi kontraktor pelaksana agar dapat menyelesaikan dan melakukan finising pekerjaan dengan maksimal.

“Provisional hand over (PHO) sudah dilakukan dan disaksikan langsung oleh pendamping dari Kejati Bengkulu, hanya saja ada beberapa catatan yang harus di kerjakan oleh rekanan. Seperti pembersihan pada kiri kanan gedung,” ujar Syafriandi.

Selain itu lanjutnya, juga akan dipastikan pembukaan tambat labu untuk mengetahui kondisi kedalaman kolam berlabuhnya Kapal kapal-kapal kecil. Karena memang saat ini pintu alur dan masuknya masih di timbun agar pasang tidak masuk saat pekerjaan seperti beberapa waktu lalu. Ditambah lagi saat ini pasang tengah surut.

“Untuk kolam bukan di keruk melainkan melihat elevasi air, karena memang saat ini pasang masih surut. Kita akan tunggu sampai sore di sini, untuk pastikan air pasang dan kita bisa mengetahui kedalaman kolam dan jelas akan di hitung kembali,”jelas Syafriandi saat dilokasi.

Ditambahkannya, Catatan untuk rekanan kontraktor adalah pekerjaan jalan PPN ini juga sudah 90 persen terselesaikan, sehingga tinggal menyisakan bis jalan saja. Sedangkan untuk pagar sudah keseluruhan terselesaikan, begitu juga pada akriliq pagar tinggal pemasangan saja. Dimana material sudah sampai sehingga tinggal pemasangan juga.

“Kita sudah sama-sama melihat tadi bagaimana pekerjaan pembangunan PPN keseluruhannya. Saya di sini ingin memastikan betul agar pekerjaan pembangunnnya dapat terselesaikan dengan baik sehingga kita tunggu di lokasi ini,”imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Syafriandi bahwa, pada 2024 mendatang DKP Provinsi Bengkulu akan lebih fokus pembangunan pada perluasan dermaga. Serta alur masuk dari arah laut. Selain itu juga pada pembuatan Break Water (penahan gelombang) serta penyelesaian akan air bersih. Karena memang saat ini masih belum terbilang bersih sehingga pekerjaan inilah yang akan di selesaikan.

“Mungkin untuk sumur dan air bersih memang diharuskan untuk membutuhkan penyaringan agar air bersih bisa layak dan bersih,”bebernya.

Kemudian selain itu, DKP Provinsi Bengkulu juga menargetkan agar seluruh kegiatan pada proyek strategis nasional pembangunan pelabuhan nusantara ini, selesai sebelum tanggal 15 Desember 2023 mendatang.

“Insyaallah, pembangunan pelabuhan nusantara ini bermanfaat bagi Kabupaten Seluma dan Provinsi Bengkulu, sehingga menjadi penambahan kesejahteraan masyarakat nantinya,” pungkas Syafriandi.

Untuk diketahui, anggaran dana keseluruhan pembangunan dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kabupaten Seluma totalnya mencapai Rp 46 Miliar, dan di tahun 2023 ini baru dikucurkan Rp 16,2 miliar. Kemudian untuk selanjutnya pada tahun 2024 mendatang akan kembali ditambah Rp 30 Miliar dari pemerintah pusat.

Berikut tujuh program pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Desa Pasar Seluma, Kabupaten Seluma, Bengkulu.

1. Pembangunan Instalasi Air Bersih dan Air Baku Lainnya senilai Rp 498.576.015,28 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Kurnia Utama.

2. Pembangunan Turap Penahan Tanah (revetment) senilai Rp 2.660.150.103,58 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Daya Cipta Karima.

3. Pembangunan/Rehabilitasi Tempat Pemasaran Ikan (TPI Higienis) senilai Rp 1.593.658.098,69 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Icha Kontruksi.

4. Pembangunan Dermaga senilai Rp 8.167.353.336,08 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Kencana Pratama Konstruksi.

5. Pembangunan Kolam Pelabuhan Rp 1.698.956.458,14 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Ya Latif Mulia.

6. Pembangunan Drainase senilai Rp 634.104.634,43 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Radja Sakti.

7. Pemasangan Instalasi Listrik (termasuk trafo) Rp 276.280.400 oleh Kontraktor Pelaksana CV. Rintomi Rizki.

Editor: Alfridho Ade Permana

Seluma

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...