oleh

KPU Kaji Upah Perakit Kotak Suara Sekitar Rp 6.000

Pekerja lepas merakit kotak suara
Pekerja lepas merakit kotak suara

kupasbengkulu.com – Persiapan kotak suara untuk pemilihan legeslatif oleh KPU Kota Bengkulu tidak lepas dari bantuan para pekerja lepas yang merakit kotak suara. Setidaknya terdapat 10 pekerja lepas yang saat ini melakukan perakitan kotak suara di gudang logistik KPU Kota Bengkulu.

Kabag Umum dan Logistik KPU Kota, Ariansyah, S.Sos menjelaskan, upah perakitan kotak suara tersebut hingga saat ini belum dipastikan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).  Namun, jika bercermin pada perakitan kotak suara untuk pemilihan kepala derah tahun 2012 lalu para pekerja diupah Rp 6.000/kotak suara. Karenanya, diperkirakan upah untuk perakitan kotak suara pemilihan legislatif tahun ini masih berkisar Rp 6.000.

“Upah tersebut dirasa cukup layak untuk para pekerja, mengingat pemasangan baut kotak suara tergolong sulit. Kelihatannya memang mudah, tapi sulit untuk dilakukan,” kata Ardiansyah.

Ia melanjutkan dalam satu kotak terdapat 20 baut dan pekerja membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit untuk satu kotak suara. Sebab sebelum pemasangan baut kotak suara yang bengkok harus diluruskan dulu. Sehingga, tiap harinya pekerja maksimal dapat merakit hingga 20 kotak suara.

Terpisah, salah seorang perakit kotak suara, Putra mengakui bahwa ia belum mengetahui pasti berapa upah perakitan kotak suara tersebut.

“Kalau upahnya saya belum tahu, saya disini bantu-bantu saja, daripada nganggur yang penting hasil kerja ini dicatat dan pasti akan dibayar,” demikian Putra. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed