oleh

Kucuran Dana APBN Rp 54 Miliar untuk Perbaikan Irigasi Tersier

Irigasi Jebol Seluma

kota bengkulu, kupasbengkulu.com – Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Eddy Syahrizal, mengatakan di tahun 2015 ini pihaknya mendapatkan anggaran Rp 54 miliar dari dana APBN untuk perbaikan irigasi pertanian tersier. Sementara dari dana APBD Provinsi Bengkulu hanya sekitar Rp 2 miliar saja.

“Irigasi tersier itu untuk 35 ribu hektare lahan yang ada se Provinsi Bengkulu. Dari APBN memang cukup besar, hanya APBD sangat kecil sekitar Rp 2 miliar saja,” kata Eddy, Selasa (17/02/2015).

Eddy menyebutkan lahan pertanian di Provinsi Bengkulu seluas 632 ribu hektare. Irigasi tersier sangat dibutuhkan untuk mencapai target peningkatan hasil produksi hingga 30 persen, melebihi target nasional yang hanya 10 persen.

“Di tahun 2014 lalu kita berhasil meningkatkan produksi beras hingga 600 ton. Kita optimis peningkatan bisa mencapai 30 persen sehingga 3 tahun kedepan target 1 juta ton pertahun bisa diraih,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, selain perbaikan irigasi tersier, pemerintah juga akan membagikan pupuk bersubsidi kepada masyarakat berdasarkan kuota masing-masing daerah serta bantuan benih unggul, seperti bibit padi, jagung, juga kedelai.

“Dalam rangka meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai kita bagikan juga pupuk bersubsidi. Ditambah irigasi yang baik, bibit unggul, pupuk berimbang, dan bantuan dari rekan-rekan TNI, kita yakin target kita tercapai,” pungkasnya.(val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

15 + 11 =

News Feed