oleh

Laju Inflasi Bertahan Diangka 9,94 Persen

kupasbengkulu.com – Laju inflasi yang terhitung sejak Januari hingga Desember 2013 di Provinsi Bengkulu, tercatat sebesar 9,94 persen. Angka tersebut tidak bergerak jika dibanding dengan laju tahunan pada Desember 2012 – Desember 2013. Bahkan, nyaris menembus batas psikologis yang dipatok pemerintah 10 persen. Terkait laju inflasi tersebut, maka sedikit lagi menyentuh batas psikologis, yang ditetapkan pemerintah.

”Target pemerintah menekan inflasi 7 persen. Namun, hasilnya 8,38 persen, sementara Bengkulu, 9,94 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Ir. Dodi Herlando, M.Econ, Kamis (2/1/2014).

Ia mengatakan, inflasi 9,94 persen disebabkan dari persoalan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), listrik, yang berimbas pada beberapa harga bahan pokok. Untuk di Kota Bengkulu, kata dia, laju inflasi terjadi pada lima kelompok, sejak Desember 2013.

Adapun pengelompokan tersebut. Yakni, transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 2,17 persen, kelompok sandang 1,33 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,24 persen.

Sementara kelompok kesehatan 0,12 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0, 10 persen, lalu kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga tidak mengalami perubahan indeks bertahan di 0,00 persen, sementara kelompok bahan makanan sebesar -0,57 persen.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed