oleh

Lebong Dapat Bantuan Kebun Bibit Rakyat

kupasbengkulu.com – Delapan Kecamatan di Kabupaten Lebong pada tahun ini mendapatkan jatah Kebun Bibit Rakyat (KBR). Adalah 18 kelompok tani (Koptan) yang akan menerima bantuan tersebut. Bantuan KBR tersebut merupakan program dari Kementrian Kehutanan melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Lebong.

Kadishutbun Lebong Drs. Syahada Husain, S.SOS,M.Si didampingi Pejabat Pembuat Komitmen Nasip Irianto, S.Hut menjelaskan kelompok yang berhak mendapatkan bantuan KBR tersebut telah melalui verifikasi secara langsung dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Bengkulu.

“Pada tahun ini Kabupaten Lebong mendapat jatah sebanyak 18 unit KBR, yang meliputi Kecamatan Lebong Atas sebanyak 2 koptan, Kecamatan Pelabai sebanyak 5 koptan, Uram Jaya 2 koptan, Topos 1 koptan, Bingin Kuning 3 koptan, Lebong Selatan 1 koptan, Lebong Tengah 3 koptan dan Rimbo Pengadang 2 koptan,” ujar Nasip.

Selanjutnya, bantuan berupa KBR akan membuat bibit kayu penghijauan sebanyak 25.000 batang. Bibit tersebut selanjutkan dibagikan kepada masyarakat dan organisasi untuk ditanam di lahan-lahan kosong di daerah tersebut.

“Jenis bibit yabg diberikan sesuai dari usulan koptan namun untuk Lebong lebih didominasi tanaman karet dan sengon dengan perbandingan 80 persen tanaman karet dan 20 persen tanaman sengon,” tambah Nasip.

Dana untuk pembuatan KBR, lanjut Nasip, berasal dari bantuan Kemenhut sebesar Rp50 juta/KBR. Biaya sebesar ini termasuk pembelian pupuk, kantong plastik dan biaya operasional kelompok tani.

“Kemudian dana itu akan dibagi kedalam 3 tahap yakni tahap 1 sebesar 40 persen,tahap 2. 30 persen dan tahap 3. 30 persen. Untuk penyaluran dana tahap 1 telah tuntas dibagikan ke koptan yang digunakan untuk persiapan awal seperti untuk pembuatan bedeng semai,pembelian benih dan lainnya,” lanjut Nasip. (spi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed