Beranda DAERAH BENGKULU Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

0
Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Lebong Kembali Torehkan Prestasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Tue, 05/21/2024 – 14:39

Ketua TPPS Lebong, Wakil Bupati Fahrurrozi saat menerima penghargaan dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam upaya percepatan penanganan stunting, di Hotel Grage Kota Bengkulu, Selasa, 21 Mei 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Kabupaten Lebong kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih peringkat ketiga dalam program penilaian pemerintah Provinsi Bengkulu dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Penghargaan Kemenkes RI ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras serta komitmen pemerintah daerah dalam mengatasi masalah gizi buruk yang berdampak pada tumbuh kembang anak.

Penghargaan diumumkan dalam Forum Koordinasi Penilaian Pemerintah Provinsi terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten/kota dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi Bengkulu Tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Rohidin Mersyah kepada Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi didampingi oleh Kepala Dinas P3AP2KB, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bappeda, dan Kepala Dinas PMD di Grage Hotel Kota Bengkulu, Selasa, (21/05/2024).

Wakil Bupati Lebong, Fahrurrozi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. Menurutnya penghargaan ini buah dari hasil kerja keras seluruh pihak yang perduli dengan persoalan gizi anak di Kabupaten Lebong.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama antara pemerintah, tenaga kesehatan, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Kami berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya ini agar anak-anak di Kabupaten Lebong dapat tumbuh sehat dan cerdas,” kata Wabup

Salah satu langkah strategis yang diambil oleh Kabupaten Lebong adalah program intervensi gizi spesifik dan sensitif, yang meliputi pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, penyuluhan gizi, serta peningkatan akses terhadap layanan kesehatan. Selain itu, dukungan dari berbagai sektor seperti pendidikan, sanitasi, dan infrastruktur juga memainkan peran penting dalam keberhasilan program ini.

“Keberhasilan Kabupaten Lebong dalam menurunkan angka stunting juga tidak lepas dari partisipasi aktif masyarakat. Kesadaran akan pentingnya gizi yang baik dan pola asuh yang sehat semakin meningkat, didukung oleh berbagai kampanye dan edukasi yang dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Ketua TPPS berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya mempercepat penurunan stunting. Karena, menurut dia, dampak dari persoalan stunting itu bisa meluas dan berefek pada generasi selanjutnya.

“Pemerintah Kabupaten Lebong menyatakan bertekad untuk terus mengoptimalkan program-program yang telah berjalan dan mencari inovasi-inovasi baru demi mencapai target bebas stunting di masa depan,” demikian Ketua TPPS

Reporter: Maya Fitria

Daerah