oleh

Lima adalah Peninggalan Inka

23

kupasbengkulu.com- Selain peninggalan Spanyol, Lima juga memiliki situs purbakala peninggalan bangsa Indian Inka. Situs yang terbesar adalah Pachacamac. Terletak 30 km di selatan kota Lima. Dapat ditempuh dengan kendaraan mobil sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Lima. Situs di Pachacamac adalah sebuah bangunan berbentuk piramid yang merupakan tempat suku indian pachacamac bersembahyang. Dibangun pada masa sebelum spanyol tiba (pre hispanic) sekitar abad ke 14 masehi.

Ada banyak bangunan arkeologi tapi yang terbesar adalah grand pyramid yang terletak di bagian paling tinggi di kawasan ini. Di atas piramid inilah kita bisa melihat 3 panorama kota Lima yakni kawasan pantainya yang panjang (costa verde), kawasan gunung batu di El-Pueblo dan pegungungan hijau di kejauhan yang merupakan rangkaian pegunungan Andes.

DSC_0380

Situs purbakala yang paling dekat dengan kota Lima adalah Huallamarca. Berlokasi di distrik San Isidro.Hualamarca sendiri berarti tempat perkuburan jenazah bangsa Indian Inca yang dibangun sekitar pada abad ke 7 masehi. Tapi kini Hualamarca atau Huala Pucllana tidak lagi horor dan menyeramkan. Di sini sudah berdiri museum yang menyimpan banyak benda berejarah terutama gerabah. Di beberapa bagian bangunan ini ditempatkan beberapa patung yang merupakan diorama kehidupan bangsa indian pada masa itu seperti membuat gerabah, berternak sapi, bertani dan mencari ikan.Yang menarik di ring satu situs ini dibangun sebuah restoran fine dining. Meja restoran memang diset menghadap candi bangsa indian ini. Orang lebih memilih diner di kawasan ini, untuk makam malam romantis karena redup lampu yang muncul mengitari situs ini.(apni jaya putra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed