Sabtu, November 27, 2021

LSM:Ini Istilah Transaksi Narkoba di Lembak

Baca selanjutnya

Ilustrasi stop narkoba

kupasbengkulu.com – Anda tahu kepanjangan MTS ? Namun bukan Madrasyah Tsaniwiyah. Ternyata, di kawasan daerah Lembak, Kabupaten Rejang Lebong ada Istilah MTS untuk melakukan transaksi tukar barang rampasan dengan narkoba.

“Kalau istilah di situ MTS, Motor Tukar Sabu. Jadi kendaraan ditukar dengan shabu, tergantung you mau uang atau barang,” kata Direktur LSM Gerakan Masyarakat Pengawas Birokrasi (Gemaswabi) Jevi Sartika saat bercengkrama di Mapolda Bengkulu Senin (16/6/2014).

(berita terkait: LSM: Hampir 75 Persen Pelajar di Lembak Gunakan Narkoba)

Istilah ini sering digunakan sang penadah kepada pelaku perampokan di Lembak. Namun istilah ini hanya orang Lembak saja yang tahu, bisa dibilang seperti kode dan istilah atau singkatan.

Transaksi ini biasanya tak hanya dengan bayar dengan cara tunai atau barang yang telah dihasilkan dari perampokan langsung ditukarkan. Namun narkoba yang diterima terlebih dahulu atau lebih singkatnya hutang.

“Kalau sistem utang seperti ini, anda pakai dulu nanti saat setelah dapat barang atau kendaraan bayar ke saya,” ujarnya.

Dikatakannya, mendapat narkoba tersebut dinilai sangat mudah karena di sana telah ada penadahnya. Penadah tersebut siap untuk menampung barang-barang yang telah dicuri ataupun dirampok oleh pelaku perampokan. Barang hasil perampokan tersebut bisa ditukar dengan narkoba ataupun dengan uang.

Sementara itu Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP. Joko Suprayitno mengucapkan terimakasaih atas informasi yang diberikan LSM Gemawasbi tersebut.

“Saya sependapat dengan masukkan dengan Ibu Jevi tadi. Benar hanya karena segelintir orang bisa merusak reputasi daerah kita, sehingga polisi sendiri berupaya untuk melaksanakan menyosialisasikan bahaya narkoba tersebut,” kata Joko.(cr3)

Teguh Santosa: ASEAN adalah Kawasan Paling Stabil

Kupas News – Organisasi negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, merupakan salah satu organisasi kawasan yang paling stabil dan dinamis dan diyakini dapat menjadi model bagi...

Usin Sebut Penunjukan Kodrat Shah Langkah Tepat Partai Hanura

Kupas News – Partai Hanura resmi memiliki sekretaris jenderal baru setelah Dewan Pimpinan Pusat Hanura (DPP-HANURA) menetapkan Kodrat Shah sebagai sekretaris jenderal definitif. Penunjukan...

Himpitan Ekonomi Penyebab IRT Tenggak Racun Hingga Tewas

Kupas News – Seorang ibu berinisial NU (50) warga Desa Pajar Bulan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara minum racun...

Sidak SPBU, Yuliswani: Keterlambatan Pasokan Akibat Cuaca Alam

Kupas News – Asisten II Setda provinsi Bengkulu Yuliswani melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bengkulu,...

Kejurda Tenis Meja Bengkulu Saring Bibit Atlit Nasional

Kupas News – Gubernur Rohidin Mersyah resmi membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tenis Meja Provinsi Bengkulu 2021 di Balai Buntar Bengkulu, Jumat, (26/11). Kejurda ini dilaksanakan...

Terbaru