oleh

Mau Tahu Kemana Habis Biaya Pendidikan Kota Bengkulu?

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs. Gianto

kupasbengkulu.com – Untuk program manajemen pelayanan pendidikan di Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) tahun 2013 lalu, tercatat sebesar Rp 7,182 miliar yang direalisasikan sebesar Rp 6,539 miliar tau 91,05 persen. Hal itu terperinci dalam Penjabaran Pertanggungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu tahun 2013.

Realisasi anggaran tersebut terbesar adalah beasiswa reward bintang pelajar Rp Rp 3,1 miliar,  kemudian disusul penyediaan biaya transportasi bagi tenaga pengajar senilai Rp 1,613 miliar.

Untuk pelaksanaan hasil kinerja bidang pendidikan sebesar Rp 68,5 juta, pelaksanaan kerjasama secara kelembagaan di bidang pendidikan Rp 50 juta, penerapan sistem informasi manajemen pendidikan Rp 279,3 juta.

Untuk monitoring, evaluasi dan pelaporan sebesar Rp 222,4 juta, penerimaan siswa baru Rp 430 juta, pencetakan buku Rp 131,6 juta. Ada pula untuk penyelenggaraan hari-hari besar Rp 124,4 juta,  cerdas cermat Rp 216,5 juta, evaluasi diri sekolah Rp 39,7 juta, dukungan peserta lomba tingkat nasional Rp 50 juta, lomba sekolah sehat Rp 66,5 juta, pengelolaan website Rp 66,6 juta.

Dikatakan Kepala Dikbud Kota, Drs.Gianto, manajemen pelayanan pendidikan di Kota Bengkulu memang sudah terprogram untuk kemajuan pendidikan dan meringankan beban siswa.

Seperti halnya siswa yang tidak mampu akan mendapatkan beasiswa, begitu pula dengan siswa berprestasi.

“Anggaran yang disediakan pemerintah untuk pendidikan itu disesuaikan dengan kemampuan daerah, tapi untuk bidang pendidikan memang diprioritaskan. Seperti halnya untuk penerimaan peserta didik baru, pemerintah sudah menyiapkan anggarannya, sehingga PPDB digratiskan bagi peserta,” terang Gianto. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed