oleh

Mau Tahu Kisi-kisi Soal CPNS, Klik Ini..

Kuota CPNS 2014
kupasbengkulu.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Tarmizi, Senin (1/9/2014) menjelaskan, Kisi-kisi Materi Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dikatakan Tarmizi, materi tes kompetensi dasar Pegawai Negeri Sipil (PNS) meliputi, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karateristik Pribadi (TKP).

“Ke 3 tes itu merupakan pengujian wawasan kebangsaan untuk menginplementasikan empat pilar kebangsaan, untuk menilai kemampuan verbal, lisan, maupun tertulis,” kata Tarmizi, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (1/9/2014).

Dijelaskan Tramizi, ke tiga materi tes tersebut menentukan cara berpikir logis dan kemampuan sistimatis para peserta tes CPNS. Seperti TWK untuk menilai penguasaan, pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia. Meliputi, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa dalam tatanan regional maupun global dan kemampuan berbahsa Indonesia secara baik dan benar.

Selain itu, TIU dimaksud untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis, kemampuan numerik. Yakni, kemampuan mengoperasikan perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan penalaran secara runtut dan sistematis dan kemampuan berpikir analis, yakni kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Sedangkan TKP untuk menilai, integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi pada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

“Inilah pedoman, dan acuan dalam tes CPNS nantinya,” demikian Tarmizi.(yee)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × five =

News Feed