oleh

Mesjid Malabero Butuh “Sentuhan” Pemerintah

Untitled - Copy

kupasbengkulu.com- Sebagai salah satu mesjid tertua di Kota Bengkulu, Mesjid Al Hasyim Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu membutuhkan sentuhan atau bantuan pemerintah daerah.

Dikisahkan Pengurus Mesjid Al Hasyim, Raden, Sabtu (21/12/2013), mesjid ini memiliki sejarah tinggi bagi Kota Bengkulu. Ada berbagai versi tentang tanggal dan tahun pembangunan mesjid ini.

Berdasarkan catatan pada buku Kumpulan Undang-undang Adat lembaga dari Sembilan Onderapdeling dalam Gwast Ben Hoelien yang disusun oleh Ki Hoesin Commies, Residen Kantor Bed Kooel tahun 1939, dinyatakan bahwa pembangunan masjid Malabero yaitu pada tanggal 26-27 juni 1911 M.

Di mesjid ini pula, kata dia, pernah diadakan rapat musyawarah pembahasan undang-undang Adat Bengkulu.

Namun sumber lain, yaitu informasi ketua adat, bahwa mesjid ini dibangun dengan ukuran 8 x 8 meter pada tahun 1820 M. Tahun 1880 M diperluas menjadi 12 x 40 meter.

“Lahan lokasi mesjid ini berasal dari wakaf Zaenul Arifin berukuran 75 x 17 Meter, dibangun oleh orang Bugis yang bekerja di pelabuhan. Karena berdekatan dengan Benteng Marlborough maka mesjid ini dinamakan Mesjid Malabero,” beber Raden.

Bermula dari bangunan sederhana beratapkan rumbia, lantai nibung dan dinding papan. Kemudian dilakukan pemugaran secara swadaya pada tahun 1905.

Pemugaran kedua, lanjut dia, terjadi pada tahun 1968 yaitu setelah mesjid mengalami kebakaran. Renovasi ketiga ialah tahun 1970 dengan bantuan pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dan renovasi keempat tahun 1977 atas dana Departemen Agama dan yang kelima tahun 1985 melalui dana bantuan pemerintah Kota Bengkulu.

“Sebagai mesjid yang tertua, tentunya sangat membutuhkan perawatan . Rencananya mesjid ini akan dilakukan penambahan kubah agar terlihat indah. Bantuan pemerintah sangat dibutuhkan untuk perawatan salah satu mesjid tertua di Kota Bengkulu ini,” kata dia. (coy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed