oleh

Mukomuko Hingga Seluma dapat Kiriman Kabut Asap

Ilustrasi (Foto : Istimewa)
Ilustrasi (Foto : Istimewa)

kupasbengkulu.com – Kabut asap yang mulai menyelimuti Kabupaten Lebong sejak Kamis (18/09/2014), rupanya juga terjadi di kabupaten lain di Provinsi Bengkulu.

Menurut pantauan Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, Anjasman, kabut ini merupakan kiriman dari Jambi dan Palembang. Namun dirinya menegaskan kabut masih dalam kondisi normal.

“Sekarang arah angin sudah berubah, rata-rata di malam hari angin berhembus dari Timur Laut, sehingga asap dari Palembang, Pekan Baru, dan Jambi turun ke arah Barat Daya sehingga Bengkulu terkena kabut asap, mulai dari Muko-Muko sampai Seluma,” ujar Anjasman, Sabtu (20/09/2014).

Dijelaskannya, dilihat dari jarak pandang horizontal, kabut asap di Provinsi Bengkulu tidak menimbulkan gangguan berarti bagi masyarakat, khususnya untuk penerbangan. Namun saat ini Pekan Baru, Palembang, dan Jambi sedang dilanda hujan deras sehingga kemungkinan kabut asap mulai hilang.

“Ketebalan asap kita belum bisa memperkirakan, namun jarak pandang masih normal, kisaran 4.000-5.000 meter,” lanjutnya.

Sementara disebutkannya hingga saat ini tidak terlihat titik-titik api sepanjang Provinsi Bengkulu. Diperkirakan dalam 1-2 hari ke depan kabut asap tersebut akan hilang.

“Titik-titik api sepertinya sudah tersapu hujan, dalam 1-2 hari kabut akan hilang. Yang jelas dalam 3 hari ke depan Bengkulu akan berawan tebal,” pungkasnya.(val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed