oleh

OJK Beberkan kisi-kisi Fit And Proper Test

3.Pro-dan-Kontra-Iuran-OJK1
Bengkulu, Kupasbengkulu.com – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu, Yan Syafri beberkan yang akan di uji pihaknya,  saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan (Fit and proper test) bagi empat calon Pimpinan Bank Bengkulu.

Keempat calon yang sudah diserahkan berdasarkan hasil RUPS beberapa waktu lalu, akan dilihat dari tiga aspek penting, yakni integritas, kompetensi dan reputasi keuangan.

tiga hal ini merupakan standard yang sama. Artinya, juga diberlakukan untuk setiap seleksi Pimpinan Bank Daerah lainnya di Indonesia.

“Sebetulnya, standarnya sama. Semua calon pengurus bank itu harus memenuhi sisi integritasnya dan kompetensi. Satu lagi adalah reputasi keuangan. Reputasi keuangan ini contohnya,  calon tidak memiliki kredit macet di bank lain, atau tidak pernah menerbitkan chek kosong. Kira-kira seperti itu,” jelas Yan.

Para calon Pimpinan Bank Bengkulu,  Agussalim, dan Rendra sebagai calon Direktur Utama serta Asmai Ishak dan Zulian Yamit sebagai calon Komisaris Independen ini, akan melalui dua tahapan seleksi. Tahap administrasi dan wawancara.

“Mekanisme Fit and proper itu ada dua. Jadi tahap administrasi dan wawancara, khusus untuk pengurus baru. Tahap administrasi nanti kita akan teliti kelengkapan dokumen, track recordnya. Kalau pernah bekerja di bank sebelumnya, maka kita akan periksa, termasuk kepada pengawas bank. Kalau itu semua sudah clear, baru kita masuk ke tahap wawancara,” kata Yan. (bii)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed