oleh

Optimis DD II Cair, Satu Desa Baru Cairkan DD I

Ilustrasi Dana Desa
Ilustrasi Dana Desa

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Meski laporan realisasi dana desa (DD) tahap satu tahun 2016 terlambat diserahkan kepala desa, bahkan terdapat satu desa yang baru mencairkan, pihak BMPPKB Kepahiang tetap optimis DD tahap dua untuk kabupaten ini akan tersalurkan dan terserap.

“Laporan sudah diserahkan kades dan diajukan ke DPPKAD. Kabarnya juga, laporan realisasi DD tahap satu itu sudah di pusat,” ungkap Kasi PAPK/D Sosbud BPMPPKB, A Suhanda, Kamis (17/11/2016).

Seperti biasanya, lanjut Suhanda, dana DD tahap dua akan dikucurkan dari kas pusat ke kas daerah sekitar 2 pekan dari penyerahan laporan realisasi. Itu pun jika dinilai sudah lengkap.

“Sesuai informasi atau biasanya, DD tahap dua akan disalurkan ke kas daerah dua sekitar dua pekan lagi. Kalau ada permintaan untuk melengkapi, masih ada waktu bagi kita melengkapi, ” jelas Suhanda.

Soal penyerahan laporan realisasi DD tahap satu dari desa yang terkesan terlambat, Suhanda optimis DD tahap dua akan disalurkan dan terserap oleh desa.

“Kita optimis DD tahap dua akan disalurkan dan terserap. Kita juga sudah cek laporan dan yakin sudah lengkap semua, ” ujarnya.

Suhanda menambahkan, laporan realisasi DD tahap satu sudah sesuai dengan PMK 49 Tahun 2016 tentang penggunaan DD. Realisasi DD tahap satu, disebut sudah mencapai 87 persen.

“Pijakan kami PMK 49, ¬† dan itu telah dilalui pihak pengguna dalam hal ini desa. Saat kami ajukan, laporan realisasi sudah 87 persen, ” kata Suhanda.

Selanjutnya mengenai kabar tentang satu desa yang baru saja mencairkan DD tahap satu atau belum sama sekali direalisasikan, diyakini tidak akan mempengaruhi DD tahap dua.

“Sekali lagi, pijakan kami adalah PMK 49. Dalam pasal 16 dan 17 sudah sangat – sangat jelas bahwa realisasi DD tahap satu sebesar 50 persen secara seluruh atau bukan dihitung per desa,” demikian Suhanda.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed