Selasa, Maret 5, 2024

Pahami Fungsi Reflektor pada Fotografi dan Rekomendasi Produknya

Pahami Fungsi Reflektor pada Fotografi dan Rekomendasi Produknya

Thu, 11/30/2023 – 12:56

Kupasbengkulu.com – Fotografi adalah seni yang sangat dipengaruhi oleh cahaya, baik melalui pencahayaan alami atau buatan, dan memahami segala hal terkait pencahayaan merupakan pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh fotografer. Salah satu alat bantu yang penting untuk memanfaatkan penerimaan cahaya secara optimal adalah reflektor. Fungsi reflektor tidak hanya sebagai alat pemantul cahaya, tapi juga sebagai elemen kunci dalam menciptakan komposisi yang indah dan memastikan objek terangkat dengan baik.

Pahami Fungsi Reflektor pada Fotografi dan Rekomendasi Produknya

Seorang fotografer membutuhkan alat yang mampu memanipulasi cahaya dengan permukaan yang bisa memantulkan cahaya secara merata terhadap subjek yang akan difoto. Reflektor sangat penting dan dibutuhkan, baik untuk pemotretan di dalam atau di luar ruangan, agar hasil foto jadi lebih terang dan berkualitas baik. Berikut ini beberapa fungsi reflektor dalam pekerjaan seorang fotografer yang wajib Anda ketahui:

Cahaya yang Dibenarkan

Reflektor berperan sebagai alat yang mampu memantulkan dan mengarahkan cahaya pada subjek. Saat cahaya matahari atau lampu studio mengenai reflektor, alat ini dapat mengubah intensitas dan arah cahaya tersebut. Dengan memahami sudut dan posisi reflektor, fotografer dapat menciptakan bayangan yang menarik, mengurangi ketidaksetaraan cahaya, dan memberikan tampilan yang lebih natural pada subjek.

Subjek Lebih Menonjol

Reflektor menjadi senjata rahasia agar subjek terangkat dan menonjol di dalam sebuah foto. Dalam situasi di mana subjek terkena bayangan atau cahaya yang tidak memadai, reflektor dapat digunakan untuk memantulkan cahaya tambahan dan menyelaraskan pencahayaan. Alat ini membantu menciptakan foto yang lebih seimbang dan menarik perhatian langsung pada subjek utama.

Rekomendasi Produk Reflektor

Di pasaran, Anda akan menemukan banyak produk reflektor yang sangat beragam baik ukuran, bentuk, bahan yang tersedia, hingga variasi harganya. Jika Anda kesulitan menentukan pilihan, Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi produk reflektor berikut ini.

Phottix 5-in-1 Premium Triangle Reflector dengan Gagang [120 cm]

Produk ini dilengkapi pegangan yang mudah di dua posisi agar mudah digunakan dengan posisi stabil. Reflektor tersedia dalam dua ukuran, 80cm (32″) dan 120cm (47″) dan 5 warna yang bisa Anda pilih, yaitu emas, perak, putih, hitam, dan difusi putih tembus untuk meringankan cahaya.  Dibuat dari material berkualitas untuk penggunaan di studio atau pemotretan luar ruangan. Produk dilengkapi dengan tas jinjing yang memudahkan Anda membawanya saat bepergian. Produk dibanderol dengan harga Rp 550 ribu.

Phottix 5 in 1 Premium Reflector dengan Pegangan (107 cm)

Produk ini dilengkapi dengan handle atau pegangan yang memudahkan asisten Anda melakukan pekerjaannya. Reflektor dapat bekerja dengan baik di dalam studio atau saat Anda bekerja di luar ruangan menghasilkan karya fotografi portraits, close-up, still life, atau nature. 
Kontrol pencahayaannya sangat rapi dan sederhana, produk juga portabel dan dapat disimpan dengan mudah di tas. Tersedia pilihan warna emas, perak, putih, hitam, dan difusi transparan. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 430 ribu.

Phottix Light Multi Collapsible Reflector  5 in 1 (80 cm)

Reflektor berbentuk lingkaran ini memantulkan cahaya ke subjek foto sehingga lebih terang dan menonjol. Produk ini sangat efektif digunakan saat Anda melakukan pemotretan dengan kondisi cuaca mendung atau pencahayaan tersedia dari arah belakang (backlight).

Tersedia dalam 5 pilihan warna yang dibutuhkan fotografer untuk menghasilkan karya profesional, yaitu emas, perak, putih, hitam, dan difusi transparan. Dibandingkan kedua produk di atas, Anda bisa mendapatkan reflektor lingkaran ini dengan harga lebih murah, yaitu Rp 390 ribu.

Pemahaman terhadap cahaya dan kemampuan untuk memanfaatkannya adalah salah satu skill utama yang dibutuhkan fotografer. Dengan memahami fungsi reflektor dan rekomendasi produk di atas, Anda bisa bekerja lebih efektif dan produktif. Memilih produk yang tepat merupakan langkah bijak agar Anda dapat mengangkat kualitas foto ke tingkat profesional dengan kualitas tinggi.

Produk reflektor Phottix mendukung upaya Anda sebagai fotografer profesional. Anda bisa melengkapi kebutuhan peralatan fotografi dengan produk reflektor dari merk yang tersedia sangat banyak di Blibli. Toko online ini juga menyediakan peralatan fotografer lainnya yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas karya Anda.

Anda akan mendapat banyak keuntungan dengan belanja di Blibli. Selain produk terjamin kualitas dan keasliannya, Anda juga bisa memanfaatkan penawaran spesial setiap hari. Tersedia promo diskon, cashback, hingga gratis ongkir untuk menghemat dana belanja Anda.

Yuk, segera lengkapi peralatan fotografi Anda. Dapatkan reflektor Phottix di Blibli dengan harga lebih hemat sekarang juga!

Editor: Iman SP Noya

Tips

recommended
stories

 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...