oleh

Pamor Sejumlah SMA “Meredup”

Darpin Bustami
Darpin Bustami

kupasbengkulu.com – Dalam penerimaan siswa baru di Bengkulu Tengah, ditemukan fakta bahwa sebagian besar calon siswa SMA dari kabupaten tersebut memilih sekolah di Kota Bengkulu dan salah satu SMA favorit di Bengkulu Tengah. Kemudian, beberapa sekolah menengah lainnya kehilangan peminat. Kondisi terparah di SMAN 4 Bengkulu Tengah di Kecamatan Pagar Jati, yang tempo hari menjadi buah bibir.

Beberapa waktu yang lalu, sekolah ini diterpa demo dari siswa-siswa, dilanjutkan dengan demo dari masyarakat sekitar pada keesokan harinya. Kondisi ini membuat SMA ini menjadi sedikit peminat. Tidak hanya itu, tingginya angka siswa yang tidak lulus dibeberapa SMA lain juga membuat calon siswa juga lebih memilih SMA lain.

Hal ini diakui juga oleh pihak Dinas Pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan setempat, Meizuar S.Sos melalui Kabid Dikmen, Darpin Bustami pada wartawan mengungkapkan, pihaknya harus mencari cara lain untuk promosi sekolah-sekolah di wilayah Bengkulu Tengah ini.

“Bila tidak, kita bisa-bisa tidak dapat murid, sedangkan siswa-siswa berpotensi di kabupaten kita malah sekolah di tempat lain,” jelasnya.

Ia tidak memungkiri, angka jumlah siswa tidak lulus tahun lalu begitu mengejutkan semua pihak. Ditambah lagi berbagai aksi yang berujung penghadangan dan tindakan emosional lainnya juga membuat meredupnya pamor sekolah di kabupaten ini. Sehingga, ke depannya yang perlu diperbaiki adalah sistem pendidikan di kabupaten tersebut, terutama untuk tingkat SMA.(vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed