oleh

Pemkot Belum Siap Bayar Gaji ASN

kota bengkulu, kupasbengkulu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu belum bisa memastikan apakah sistem gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal berjalan di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Hal ini dikarenakan faktor yang utama masalah beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang belum siap.

Karena dalam hal ini menurut Seda Pemkot Fahjrudin Siregar Dalam regulasi hukum yang mengatur tentang Aparatur Negara tersebut, sistem panggajian yang diterima para PNS akan dibuat berdasarkan capaian kinerja (performance) serta pada gaji PNS yang bekerja pada pemerintahan daerah dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah. Sehingga dalam hal ini anggaran pembayaran gaji tersebut bisa menguras anggaran APBD.

“PNS belum saya hitung semua. Makanya saya bilang itu lihat dulu aturan nantinya, kita lihat dulu dari segi anggaran kita. oke jelas kalau sekarang belum ada,” ungkap Fahjrudin Siregar.

Diatur juga dalam UU baru itu bahwa selain gaji PNS juga akan menerima tunjangan dan fasilitas yang berupa tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan dibayarkan sesuai dengan pencapaian kinerja. Tunjangan kemahalan itu dibayarkan sesuai dengan tingkat kemahalan berdasarkan indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Data terhimpun, perhitungan kenaikannya adalah sebesar persen dibanding gaji PNS tahun 2013 lalu. Berdasarkan RAPBN 2015, gaji PNS atau ASN akan naik sebesar rata-rata 6 persen. Untuk mengetahui gaji asn tahun 2015, Anda hanya tinggal mengalikan persen berdasarkan golongan dan masa kerja PNS.

Untuk itu Fahjrudin kemabali menegaskan, dengan anggaran gaji yang seperti tersebut, maka pihaknya bakal melakukan koordinasi dulu. Sehingga dengan dana APBD yang ada tersebut kesiapan untuk ASN tersebut bisa terlaksanakan dengan baik.

“Kita lihat dulu kemampuan daerah bagaimana, makanya lihat dulu untuk daerah itu tetapi tentunya ada konsultasi dahulu,” ujarnya.(dex)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 − 13 =

News Feed