oleh

Perayaan Nyepi Umat Hindu Kaur Berkumpul di Pura

-Tak Berkategori-2 views
Remaja Hindu bersiap menggelar perayaan Nyepi
Remaja Hindu bersiap menggelar perayaan Nyepi

Kaur, kupasbengkulu.com – Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937 atau 2015 Sabtu (21/03/2015) umat Hindu Kabupaten Kaur dilakukan disebuah Pura di Kabupaten Kaur yakni Pura Giri Kencana. Perayaan nyepi dilakukan selama 24 jam yakni dari Jumat (20/03/2015) pukul 24.00 wib hingga Sabtu (21/03/2015) pukul 24.00 wib.

Ketua Adat Pura Giri Kencana Kabupaten Kaur, I Wayan Sume menuturkan di Kabupaten Kaur terdapat 49 KK umat hindu yang Jumat (20/03/2015) sore sebelum perayakan Nyepi mereka menggelar upacara pengerupukan melasti. Upacara Melasti ini bertujuan untuk pembersihan lingkungan atau meminta keselamatan, dan Tawur Agung Kesange yang artinya penyucian diri sendiri beserta alam dan segala isinya yang dilaksanakan atau dipusatkan ditengah-tengah lingkungan Desa Parda Suka Kecamatan Maje Kabupaten Kaur.

“Dalam perayaan nyepi ini umat hindu se Kabupaten Kaur merayakannya di Pura Giri Kencana Desa Parda Suka Kecamatan Maje. Tahapan nyepi ini yakni Catur Brata yang dilakukan selama 24 jam, dari pukul 24.00 wib Jumat (20/03/2015) hingga Sabtu (21/03/2015) pukul 24.00 wib malam nanti. Dan tadi pagi banyak yang pulang dulu dan baru kesani lagi,” ungkap Wayan sapaan akrab I Wayan Sume yang merupaka Ketua Adat Pura Giri Kencana Kabupaten Kaur.

Didalam Pura terdapat puluhan anak yang sedang melakukan catur brata atau puasa nyepi ada yang duduk-duduk, ada lagi sebagian tidur. Disini anak-anak tersebut tidak melakukan aktifitas apa-apa, mereka hanya berkumpul, dan jarang sekali bicara keras apalagi tertawa kencang.

Catur brata terdiri dari empat yakni Amati Geni artinya tidak boleh menyalakan api atau penerangan. Amati Karya artinya menghentikan aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Amati Lelungan tidak boleh bepergian. Dan Amati Lelanguan berhenti makan minum dan berpesta pora serta menahan hawa nafsu. (mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five × three =