Beranda DAERAH BENGKULU Peringati Hari Jadi Ke-18, Pemdes Kota Praja Gelar Bersih Desa dan Sedekah Bumi

Peringati Hari Jadi Ke-18, Pemdes Kota Praja Gelar Bersih Desa dan Sedekah Bumi

0
Peringati Hari Jadi Ke-18, Pemdes Kota Praja Gelar Bersih Desa dan Sedekah Bumi

Peringati Hari Jadi Ke-18, Pemdes Kota Praja Gelar Bersih Desa dan Sedekah Bumi

Thu, 05/23/2024 – 07:56

Kegiatan Bersih Desa dan Sedekah Bumi dalam rangka Hari Jadi Desa Kota Praja Mukomuko Ke-18 , Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Peringati hari jadi Desa Kota Praja, Pemerintah Desa Kota Praja melaksanakan acara Sedekah Bumi/Bersih Desa, kegiatan yang di gelar di halaman Kantor Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko, Kamis (23/05/2024).

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Air Manjunto, Kepala Kanwil Kemenag Mukomuko, Ketua BPD beserta jajaran,  Forum Kades se Kecamatan Air Manjunto, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,  tokoh Adat, Karang Taruna, dan warga Desa Kota Praja serta lainnya.

Kegiatan itu digelar dalam rangka mewujudkan rasa syukur penduduk setempat atas  keberkahan dan rejeki yang diberikan Tuhan Semesta Alam Allah SWT. Kegiatan ini juga sekaligus mempererat tali silaturahmi antara sesama warga.

Kepala Desa Kota Praja, Pardji dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya pada hari jadi ke-18 ini, pemerintah desa menyelenggarakan kegiatan Bersih Desa/Sedekah Bumi. Ia menjelaskan kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Sedekah Bumi dan Bersih Desa, ini merupakan wujud rasa syukur bahwa Desa Kota Praja semakin hari semakin baik dan makmur, ini berkat kekompakan dan semangat warga membangun Kabupaten Mukomuko khususnya Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjunto,” kata Kades.

Kades menjelaskan bahwa pemerintah desa saat ini terus berupaya membangun Desa Kota Praja. Beberapa program pembangunan telah direncanakan pihaknya guna memajukan desa ini.

“Untuk tahun ini sudah ada program pembangunan desa sebanyak enam titik. Semoga pembangunan tersebut berjalan lancer kedepannya,” kata dia.

Lebih jauh, Kades kembali menegaskan kepada seluruh warga untuk bersama-sama memberantas peredaran nyamuk demam berdarah. Menurut dia, kasus DBD ini menjadi persoalan serius yang harus diatasi bersama-sama.

“Kita juga akan ada pogging untuk memberantas DBD,. Sebab sudah ada korban meninggal dunia terjadi di desa ini. Mohon kerjasamanya untuk memberantas nyamuk DBD ini,” tegas Kades.

Acara kemudian dilanjutkan dengan “Kirab Tumpeng Agung” Kirab diikuti oleh berbagai elemen yang ada di Kecamatan Air Manjunto yakni, Grup Jaranan, Pemerintah Desa, PKK dan Linmas, Karang Taruna, Pasukan Tumpeng, PAUD Kasih Bunda dan Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa.

Dalam kesempatan itu, Tumpeng yang berisi jajanan dan makanan selanjutnya di berikan kepada anak-anak yang dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Kota Praja kepada Tokoh Masyarakat, Camat Air Manjunto dan Bhabinkamtibmas. Acara ditutup dengan siraman rohani dan tausiyah Ustad Al Mukarom.Kyai Thoyyib Ardhani.

Reporter: Purwanti

Daerah