oleh

Petani Kaur Keluhkan Turunnya Harga Kelapa

-Tak Berkategori-6 views

pohon kelapa di Kaur

kupasbengkulu.com – Turunnya harga kelapa saat ini membuat para petani mengeluh. Karena harga kelapa akhir-akhir ini mengalami penurunan dari Rp 2.100 per buah menjadi Rp 1.700 per buahnya. Dari harga tersebut selisih Rp 400 dengan harga sebelumnya.

“Harga kelapa turun lagi menjadi Rp 1.700 per buah, dan ini jauh lebih murah dari harga sebelumnya Rp 2.100 per buah,” jelas Meriana (46) salah satu petani Kelapa Kecamatan Kaur Selatan, Kamis (14/08/2014).

Menurunnya harga kelapa ini tanpa penyebab yang jelas. Karena harga dari penadah yang biasanya menjual dan membawa buah kelapa ke Lampung itu sudah mengalami penurunan, hingga pengecer kelapa.

Ditambahkan Meriana, jika kelapa dibeli mulai dari atas pohonnya itu lebih murah lagi karena biasanya upah memanjat dan membuka kelapa itu ditanggung oleh pembeli. Dan petani hanya menerima harga bersih.

“Biasanya pengecer membeli buah kelapa itu dengan petani itu harga bersih, dalam artian kelapa dipanjat dan dikupas oleh sipembeli dan upahnya ditanggung oleh pengecer atau dikeluarkan dari banyaknya hasil kelapa yang diperoleh,” tutur Meriana menjelaskan.(mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − eight =