Senin, Mei 27, 2024

PKBM se-Kota Bengkulu Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Keuangan

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebanyak 76 peserta dari 54 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Kota Bengkulu, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan, Kamis, (16/3).

Bimtek yang digelar di salah satu hotel kawasan wisata panjang Kota Bengkulu ini menghadirkan tiga narasumber. Yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Inspektorat Perpajakan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan itu, Ketua Forum PKBM Kota Bengkulu, Dahlia Tambayong mengatakan kegiatan bimtek ini merupakan program yang diinisiasi oleh forum PKBM untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan dan pelaporan pengelola PKBM.

“Jadi kegiatan bimtek ini sangat penting untuk diikuti pengelola PKBM yang ada di Kota Bengkulu. Mengingat petunjuk teknis (juknis) dari kementerian pendidikan dan kebudayaan mengalami perubahan setiap tahunnya,” kata Dahlia.

Dijelaskan Dahlia, selain arahan, instansi terkait yang menjadi narasumber tersebut juga memberikan pendampingan terhadap pengelolaan laporan keuangan. Hal itu berdasarkan juknis laporan keuangan yang dikeluarkan oleh peraturan menteri keuangan tentang penganggaran dan penggunaan dana alokasi khusus (DAK) nonfisik tahun 2023.

“Dari bimtek ini kedepannya terjalin kerjasama dan dukungan instansi terkait. Karena, mengingat hampir setiap tahunnya juknis ini mengalami perubahan baik dari kementerian pendidikan dan kebudayaan maupun kementerian keuangan,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang PAUD/MI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Minarni menambahkan, aturan pelaporan keuangan ini memang sering kali mengalami perubahan, apalagi dari laporan perpajakan.

“Semoga bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi para pengelola PKBM terhadap pengelolaan keuangan dan laporan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis,” tuturnya singkat.

Editor: Freddy Watania

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...