oleh

PKPI Putuskan Bergabung Bersama Fraksi Demokrat

Nazaruddin Hutagalung
Nazaruddin Hutagalung

kupasbengkulu.com – Dari sembilan fraksi yang harus ada di DPRD Kota Bengkulu periode 2014–2019, delapan fraksi diantaranya merupakan fraksi penuh yakni Frkasi NasDem, Gerindra, PAN, PKS, Golkar, Demokrat, PPP dan Hanura. Sementara satu fraksi lainnya merupakan fraksi gabungan bernama Kebangkitan Bintang Perjuangan yang terdiri dari 2 kursi dari PKB, 1 kursi PBB dan kursi PDI Perjuangan.

Sedangkan satu partai lainnya, PKPI memilih bergabung bersama Fraksi Demokrat. Hal itu ditegaskan oleh satu-satunya anggota dewan yang diusung PKPI, Nazarudin Hutagalung.

“Saya sudah berkoordinasi bersama partai dan dari keputusan itu saya tidak ikut di fraksi gabungan dan memilih Fraksi Demokrat. Sebab berdasarkan kajian kami visi dan visi partai kami bisa sejalan dengan Fraksi Demokrat,” jelas Nazarudin, Rabu (27/8/2014).

Sesuai Tata Tertib DPRD Kota Bengkulu yang diatur dalam Undang-undang dan Peraturan Pemerintah, keanggotaan fraksi sama banyak dengan jumlah Komisi. Sementara di DPRD Kota Bengkulu terdiri dari tiga Komisi, sehingga bagi partai yang perolehan kursinya tiga atau lebih berhak membentuk fraksi penuh.

Untuk partai politik yang perolehan kursinya kurang dari tiga kursi tidak memenuhi syarat membentuk fraksi penuh, sehingga diberikan ruang sesuai Undang-undang untuk membentuk fraksi gabungan. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 + fourteen =

News Feed