oleh

PNPM, Model Ideal Pembangunan di Pedesaan

kupasbengkulu.com- Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) merupakan program ideal untuk model pembangunan pedesaan di Provinsi Bengkulu.

“PNPM telah terbukti menjadi model ideal pembangunan di pedesaan di Provinsi Bengkulu dengan kualitas baik dan mampu mencegah korupsi,” kata pengamat pedesaan, Muspani, SH kepada kupasbengkulu.com Minggu (15/12/2013).

Muspani menjelaskan, warga Desa Ulu Talo Kabupaten Seluma dan Kampung Bogor Kabupaten Kepahyang, telah berhasil membangun fasilitas di desanya dengan memanfaatkan PNPM.

“Warga Desa Ulu Talo dan Kampung Bogor berhasil membangun jalan dan jembatan gantung dengan kualitas terbaik dan terhindar dari korupsi. Hal tersebut karena sejumlah pengurus rela menyerahkan honornya untuk membeli bahan bangunan sehingga hasilnya lebih berkualitas,” kata Muspani.

Bahkah, kata Muspani, hasil bangunan PNPM di sejumlah desa lebih berkualitas bila dibandingkan pembangunan yang dilakukan seorang kontraktor.

“Keunggulan PNPM antara lain bisa membangkitkan kembali budaya gotong royong, mengaktifkan kegiatan musyawarah dan mengurangi angka pengangguran karena warga setempat terlibat langsung dalam pembangunan,” katanya.

Selain itu, kata Muspani, PNPM juga berhasil menumbuhkan rasa memiliki bangunan yang dibuat dan rasa tanggung jawab untuk merawat hasil pembangunan.

“Saya mengusulkan agar Gubernur, walikota dan Bupati agar menggunakan pola PNPM khusus untuk pembangunan berbagai fasilitas di tingkat desa dan kelurahan,” saran Muspani.(adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed