oleh

Polda Usulkan CCTV Tingkatkan Keamanan

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Closed Circuit Television (CCTV) sangat penting dalam pengungkapan kasus. Terlebih lagi fungsi CCTV adalah merekam semua kejadian yang dapat dilihat kembali. Selain itu, CCTV juga dapat membantu dalam pelanggaran lalu lintas.

Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno, mengatakan seluruh stake holder, terutama pemerintah atau perkantoran seharusnya sudah memasang CCTV. Pemasangan ini terutama dilakukan di kantor-kantor yang lokasinya berada di pinggir Jalan.

“Selain mengamankan internal gedung itu, ada salah satu CCTV yang diarahkan ke Jalan. Sehingga itu bisa membantu kita terutama Polri, dalam mengungkap kasus,” ujar Sudarno, Rabu (27/04/2016) di Polda Bengkulu.

Dia menambahkan, Kota Bengkulu harus mulai bercermin pada kota besar lainnya yang sudah banyak memasang CCTV ke arah jalan. Dikarenakan semakin tingginya tindak kriminalitas, maka setiap daerah diwajibkan memasang CCTV. Ini artinya, pemerintah kota seharusnya dapat menganggarkan pengadaan barang tersebut, sehingga Kota Bengkulu dapat lebih aman.

“Di sana (kota besar) itu memang pemerintah daerahnya mewajibkan memasang CCTV. Untuk menciptakan rasa aman itu tugas kita bersama,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini di beberapa kota besar sudah memiliki Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia (lebih dikenal dengan istilah NTMC Polri). Ke depan pihaknya dapat membantu pengoperasiannya sehingga dapat digunakan untuk mengurangi macet.

“Kalau dulu memang ada CCTV di lampu lalu lintas. Cuma masalahnya terkendala biaya karena kemarin itu sistemnya berbayar. Namun saat ini ada sistem tidak berbayar pakai sistem radio yang sekarang sudah dikembangkan lagi. Sekarang permasalahanya anggaran, kalau kita tidak ada anggaran bagaimana lagi,” imbuhnya. (bro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed