oleh

Ponsel dapat Kacaukan Kualitas Tidur Anda dan Risiko Tumor

kupasbengkulu.com – Teknologi smartphone dewasa ini sungguh komplit sehingga kita tak dapat terpisah dengan benda unik itu, begitu juga saat tidur. Padahal, meletakkan ponsel saat tidur di dekat kepala sungguh berbahaya.

Seperti dikutip dari news.health.com, menyebutkan meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur dapat meningkatkan pertumbuhan tumor dalam jumlah tinggi.

Hal ini dikarenakan gadget dengan layar LED, seperti smartphone yang saat ini sedang menjadi pusat perhatian, mengeluarkan semacam cahaya biru yang menunjukkan dapat menghambat produksi hormon melatonin yang dapat mengganggu tidur serta mengganggu irama sirkardian atau jadwal tidur biologis alam bawah sadar Anda.

Cahaya biru itu memancarkan gelombang panjang yang mirip dengan cahaya siang hari, sehingga tubuh berpikir bahwa itu adalah siang hari dan mengacaukan waktu tidur Anda. Bukan hanya itu, ponsel juga bisa bersifat karsinogenik, yaitu menjadi penyebab kanker karena mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang sama dengan sinar-X dan gelombang mikro yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Hal ini berbahaya untuk anak-anak yang masih rentan dan memiliki kulit dan tengkorak lebih tipis dibandingkan orang dewasa sehingga risikonya lebih besar . Meskipun memang radiasi gelombang elektromagnetik ini dalam kadar yang kecil, namun jika setiap hari Anda membiasakan diri tidur bersama smartphone, radiasi bisa bertambah besar.

Jadi, lebih baik pisahkan diri Anda dari ponsel paling tidak 3 meter dari tempat tidur Anda, dan matikan jika tidak sedang dibutuhkan, terutama saat menjelang tidur, Ladies.

sumber: vemale

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed