oleh

Presiden Tonton Demo Pesawat Tempur Baru Indonesia

Presiden SBY saat melakukan inspeksi ke pesawat temur baru milik Indonesia
Presiden SBY saat melakukan inspeksi ke pesawat temur baru milik Indonesia

kupasbengkulu.com – Sebanyak 16 pesawat tempur T-50i Golden Eagle pesanan Kementerian Pertahanan tiba dari Korea Selatan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan demo udara dan meninjau skuadron pesawat tempur ringan yang memperkuat Skuadron 15 Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, itu di Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (13/2/2014) pukul 10.50 WIB.

“Korea Aerospace Industries telah menyerahkan 16 unit pesawat tempur T-50i kepada Kementerian Pertahanan Indonesia dan selanjutnya kepada TNI AU melalui Mabes TNI untuk dioptimalisasi,” kata Menhan Purnomo Yusgiantoro dalam laporannya.

Pesawat tempur T-50i Golden Eagle ini sebagai pengganti pesawat latih Hawk MK 53 yang sejak tahun 1980-an memperkuat Skuadron Udara 15 Pangkalan Udara Iswahjudi. Pesawat ini akan digunakan sebagai pesawat Fighter Lead in Trainer (melatih calon penerbang tempur).

Menurut Purnomo, ke-16 pesawat merupakan pelaksanaan kontrak yang ditandatangani pada 25 Mei 2011 dengan total nilai kontrak sebesar 400 juta dolar AS “Pesawat ini akan meningkatkan peran TNI dalam mengemban tugas yang lebih besar, menangani tantangan yang lebih kompleks di masa depan,” Menhan menambahkan.

Usai laporan Purnomo, Presiden SBY menyaksikan prosesi fly pass dari empat Pesawat Tempur Ringan T-50i Golden Eagle dan dua Sukhoi. Kemudian dilanjutkan dengan solo aerobatic Pesawat Grob G 120 TP. Prosesi terakhir adalah Prosesi Pelangi empat Pesawat Tempur Ringan T-50i Golden Eagle dimana pesawat berjalan di atas landasan pacu melewati gerbang siraman air oleh dua unit mobil pemadam kebakaran.

Presiden SBY kemudian meninjau 12 Pesawat Tempur Ringan T-50i Golden Eagle, Pesawat Tempur Sukhoi, CN 295 dan CN 235 MPA. Peninjauan dipandu oleh Komandan Skuadron 15 TNI AU Letkol Pnb. Wastum. Presiden sempat naik ke pesawat T-50 Golden Eagle berwarna biru dan kuning. “Tambah kekuatan (TNI-AU kita),” kata Presiden SBY kepada wartawan, dari atas pesawat.

Mendampingi Presiden dalam acara ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menhan Purnomo Yusgiantoro, KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, KSAD Jendral TNI Budiman, dan KSAL Laksamana TNI Marsetio. (kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed