Selasa, Mei 28, 2024

Profesi Impian Anak Muda Asia Tenggara, Indonesia Paling Beda

Profesi Impian Anak Muda Asia Tenggara, Indonesia Paling Beda

Sun, 04/28/2024 – 02:01

Profesi Impian anak muda Indonesia menjadi YouTuber, foto:Dok/freefik

Interaktif News – Sebuah riset yang dilakukan Remitly akhir tahun 2023 mengungkap daftar profesi impian orang-orang di berbagai negara, termasuk di negara-negara Asia Tenggara.

Perlu diketahui bahwa riset ini melibatkan gen Z alias anak muda sehingga cita-citanya pun tak bisa disamakan dengan orang yang sudah tua/dewasa.

Uniknya, di Asia Tenggara, profesi penulis paling banyak diminati di sebagian besar negara seperti Myanmar, Kamboja, Singapura dan Filipina. Ini adalah salah satu profesi yang lebih luas dalam daftar karena menulis secara profesional dapat berarti menjadi jurnalis, novelis, atau penulis naskah

Sementara masyarakat Malaysia dan Brunei Darussalam mengimpikan guru sebagai cita-citanya, di Timor Leste profesi ‘klasik’ sebagai dokter masih diimpikan banyak orang.

Namun berbeda dengan mayoritas Gen Z Indonesia yang banyak memimpikan menjadi seorang Youtuber. Profesi ini paling diminati karena mereka melihat banyak panutan Youtuber yang berhasil hidup sukses.

Terlepas dari laporan Remitly, beberapa profesional telah bersuara untuk menghilangkan istilah “pekerjaan impian”, Shana Lebowitz dari Insider melaporkan. Sebaliknya, semakin banyak orang yang memprioritaskan identitas pribadinya dibandingkan karierny

“Kita semua perlu bekerja untuk bertahan hidup tapi itu tidak berarti kita harus bermimpi tentang pekerjaan,” tulis seorang perekrut di postingan LinkedIn.

Namun, masih ada keinginan di kalangan profesional muda untuk melakukan pekerjaan yang bermakna dan berdampak serta memiliki penghasilan yang cukup untuk menghidupi diri mereka sendiri.

“Sifat yang menghancurkan jiwa karena menghabiskan sebagian besar waktu terjaga Anda untuk mengejar sumber daya yang Anda perlukan untuk mengurus keluarga Anda agak melunak ketika Anda bekerja di suatu tempat yang sejalan dengan apa yang Anda sukai,” kata seorang humas. profesional dalam laporan itu.

Editor: Iman SP Noya

Komunitas

recommended
stories

 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...