Jumat, Mei 24, 2024

Progres Pembangunan IPA SPAM Regional Benteng Kobema Capai 50 Persen

Progres Pembangunan IPA SPAM Regional Benteng Kobema Capai 50 Persen

Wed, 05/01/2024 – 12:48

Pembangunan IPA SPAM Regional Benteng Kobema Tahap I Tahun 2024 di Desa Lubuk Puar, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Foto/Dok: Alfridho AP

Kupasbengkulu.com – Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Benteng Kobema (Bengkulu Tengah – Kota Bengkulu – Seluma) tahap I Tahun 2024 saat ini telah mencapai 50 persen progres pengerjaannya.

Pembangunan IPA Beton 380 L/detik SPAM Kobema yang berlokasi di Desa Lubuk Puar, Kecamatan Merigi Sakti, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Nindya Karya Persero dan Konsultan Pengawas PT. Multi Karadiguna Jasa KSO, PT.Silkon Adilaras, serta PT. Perancang Adhinusa dengan nilai kontrak Rp.105.274.223.224 (Include PPN) dana APBN 2023/2024 masa pelaksanaan 496 hari kalender dan masa pemiliharaan 365 hari kalender.

Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut di anggarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu dengan satuan kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Bengkulu.

Surya Mitra selaku set operasional manager PT. Nindya Karya mengatakan bahwa, bangunan untuk pengolahan air SPAM Kobema dilahan seluas 2,2 hektar saat ini progresnya telah mencapai 50 persen pengerjaannya. 

Pekerjaan yang sedang berjalan meliputi pembangunan lantai kerja bangunan IPA, pemasangan beton dan lantai, proses pembersihan dinding, bangunan filter dan bangunan reser serta bangunan pendukung lainnya yakni kantor, mushola, rumah operator, gudang dan DPT bangunan IPA serta reservoir.

“Jadi bangunan untuk pengolahan air ini nantinya pengambilan airnya dari pipa yang sudah tertanam dari proyek yang pertama, kita sambung pipanya dan langsung konek ke pengolahan IPA, dan dari sini ada proses pencampuran antara air baku dan kimia, kemudian disaring sehingga ada pengendapan lumpur setelah itu disaring lagi lewat filter penyaringan, barulah air bersih itu masuk ke reservoir. Di reser ini kapasitas penampungan 6000 kubik dan setelah itu baru dialirkan dari Benteng ke Seluma,” ujar Surya saat diwawancarai media ini di lokasi proyek, Senin, (29/4/2024).

Selain bangunan IPA dengan kapasitas 380 liter/detik, dalam proyek SPAM Regional Benteng Kobema Kapasitas 400 liter/detik tahun 2024 ini juga dibangun pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) Seksi Lubuk Puar-Sebakul dengan panjang sekitar 27 km hingga ke Kota Bengkulu dengan nilai kontrak Rp. 246.811.093.000,00 waktu pelaksanaan 495 hari kalender yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya – Gala Karya KSO dan Konsultan Pengawas PT Karya Utama Cipta Mandiri-Amythas KSO dana APBN tahun anggaran 2023/2024.

Reporter: Alfridho Ade Permana

Advertorial 

Related

Gubernur Rohidin: Kelola Keuangan dengan Baik, Gali Potensi Pendapatan Desa

Gubernur Rohidin: Kelola Keuangan dengan Baik, Gali Potensi Pendapatan...

Gubernur Rohidin Kaji 5 Poin Usulan Himpunan Pertashop Merah Putih Indonesia

Gubernur Rohidin Kaji 5 Poin Usulan Himpunan Pertashop Merah...

Pemerintah Desa Durian Daun Gelar Acara Pendataan Indeks Desa Membangun

Pemerintah Desa Durian Daun Gelar Acara Pendataan Indeks Desa...

Puncak Perayaan HUT Seluma ke-21 Tak Hadirkan Tokoh Presidium, Pemda Terkesan Abai Sejarah

Puncak Perayaan HUT Seluma ke-21 Tak Hadirkan Tokoh Presidium,...

Miliki Riwayat Rabun Menahun, Wanita Muda di Lebong Selatan Tewas Gantung Diri

Miliki Riwayat Rabun Menahun, Wanita Muda di Lebong Selatan...