oleh

Protes Kondisi Bangsa, Pelukis Gelar Pameran Tunggal

Lukisan Kupas Bengkulu
Lukisan Topik ajo

kupasbengkulu.com – Topik Ajo, salah seorang perupa Bengkulu menggelar pameran tunggal lukisan di Kedai Proses, Taman Budaya Bengkulu. Pameran tersebut mengusung aliran utama realis sosial dengan baluran warna hitam dan putih mendominasi.

Disampaikan Topik, dalam sembilan lukisan itu merupakan bentuk kritik sosial pelukis terhadap kondisi kekinian bangsa Indonesia. Kesembilan lukisan itu berjudul, Tiga lukisan berjudul “Negeri Damai Sentosa satu hingga tiga,”Tumbuh Pada Jembatan, Frantic, Panic Disorder, Kecil tapi Api, Accute dan Hey.

“Ini merupakan hasil pengalaman renungan dan refleksi saya pribadi dalam mencermati kondisi bangsa,” kata Topik Ajo.

Beberapa lukisan menggambarkan paduan cat pada kanvas berwarna hitam dan putih, menggambarkan alam yang subur dengan gunung mengeluarkan asap pada bagian latar.

Sementara itu, tak jauh di bawah gunung tampak pria angkuh mandi dengan cerutu mengepul dari kedua jari. Tak jauh dari sosok itu tampak sosok berpakaian tentara dengan pangkat bintang dua menggenggam sebuah kitab.

“Itu kitab penyelesai masalah yang dipegang oleh kaki tangan penguasa, jika masalah selesai maka pria yang mandi itu akan berpidato dan tampil mengatakan sayalah penyelesai masalah,” tambah dia.

Selain lukisan itu terdapat juga beberapa lukisan lain yang berisikan kritik sosial seperti misalnya Tumbuh Pada Jembatan yang menggambarkan kearifan para manusia yang tinggal di bawah kolong jembatan.

Topik Ajo merupakan salah satu perupa Bengkulu yang cukup produktif di dunianya beberapa kali ia pernah ikut dalam pameran nasional dan lokal.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed