oleh

Ramadhan, Pengunjung Perpustakaan Daerah Meningkat

Perpusda Mukomuko

KUPASBENGKULU.com, MUKOMUKO – Selama Bulan Suci Ramadhan dan libur sekolah ini terjadi peningkatan pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Mukomuko. Hal ini dikemukakan Kepala Perpusda daerah tersebut, Mohd. Zam, Rabu (24/06/2015).

“Rata-rata pengunjung yang membaca buku sekitar 15 hingga 20 orang, sedangkan hari biasahanya 5 hingga 8 orang,” kata dia.

Meskipun tidak meningkat significant, ujar dia, paling tidak sudah ada masyarakat yang memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca.

Diungkapkannya, pengunjung yang datang mulai dari murid Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang mencari buku pelajaran sekolah.

“Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Mukomuko juga sering berkunjung ke sini akhir-akhir ini,” tambahnya.

Disisi lain, saat ini di kabupaten ini telah ada sebanyak 50 perpustakaan desa, yang juga memiliki kendaraan operasional keliling ke pelosok desa yang belum memiliki perpustakaan.

Sementara untuk koleksi, Perpusda telah memiliki 7.528 judul, dan 18.227 eksemplar buku seluruh bidang ilmu, termasuk buku dongeng. Koleksi ini berasal dari Perpusda Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Nasional, dan bantuan dari APBD Kabupaten Mukomuko.

“Minat baca di desa sangat jauh meningkat daripada minat baca di Kota Mukomuko, untuk itu dirinya berharap budayakan gemar membaca, baik di rumah, sekolah, ataupun di perpustakaan,” tutupnya.(cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed