oleh

Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan dengan GBHN

U

 

 

Bengkulu, kupasbengkulu.com – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengatakan pentingnya kita memiliki haluan negara yang berisi keamanan, politik, sosial budaya, pembangunan karakter, serta wawasan kebangsaan.

Menurutnya, dengan model sistem perencanaan pembangunan nasional yang ada saat ini memungkinkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dilaksanakan secara tidak konsisten dalam setiap periode pemerintahan, mengingat implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) didasarkan kepada visi dan misi presiden dan atau wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum, yang masing-masing dapat memiliki visi dan misi yang berbeda dalam setiap periode pemerintahan.

“Demikian pula antara sistem perencanaan pembangunan nasional dan sistem pembangunan daerah, kemungkinan berpotensi terjadi ketidak selarasan pembangunan,” ujar Zulkifli, Selasa (19/04/2016).

Dia mengatakan, MPR RI setelah mendapat masukan dari berbagai kalangan, baik pro maupun kontra, berpendapat melihat perkembangan 18 tahun reformasi banyak yang sudah sesuai. Akan tetapi perlu haluan negara terkait bagaimana Indonesia sampai puluhan tahun ke depan.

“Oleh karena itu MPR RI sudah rapat gabungan memutuskan untuk melakukan tahapan yang hati-hati. Kami berkunjung ke seluruh provinsi untuk berdialog dengan 50 kampus, para pakar hukum tata negara, para gubernur dan bupati, serta pada akhirnya ke rakyat untuk mengetahui seperti apa agar nantinya menjadi bahan MPR bersidang,” tandasnya.(val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed