oleh

Rel Kereta Bengkulu-Sumsel Rampung Tahun 2020

Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, SAg MPd
Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, SAg MPd

kupasbengkulu.com- Presiden Direktur PT Mandala Resources, Djoko Soedibyo, Rabu (15/1/2014), mengungkapkan bahwa pekerjaan pembangunan rel kereta api Bengkulu-Sumsel (Muara Enim) senilai Rp 30 triliun akan rampung pada tahun 2020 mendatang.

Dijelaskannya, usai bertemu Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, bahwa setelah pembangunan rel kereta ini dipastikan Provinsi Bengkulu akan memperoleh keuntungan selaku pemegang saham. Apalagi, sudah ada 3 perusahaan tambang batu bara yang akan memanfaatkannya nanti.

“Jumlah tersebut akan bertambah dengan sistem konsorsium, satu kali penggunaan rel kereta api, Bengkulu akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 40 juta,” beber Djoko.

Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, mengatakan, bahwa Pemprov Bengkulu, menyiapkan anggaran senilai Rp Rp 1,2 triliun untuk pembebasan lahan berasal dari Kementerian Perhubungan.

“Nantinya melintasi hutan lindung akan dipergunakan rel sepanjang enam kilometer, terowongan selebar 11 meter dan runway lintasan atas terowongan selebar 100 meter,” ujar Gubernur.

Ditambahkannya, proyek ini juga telah terdaftar di Bappenas dalam Public Private Partnership (PPP), artinya untuk tingkat lokal hal ini telah rampung, tinggal diakomodir pemerintah pusat.(kps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed