oleh

Rusunawa Siap Dihuni Setelah Lebaran

Nuriyansyah
Nuriyansyah

kota bengkulu, kupasbengkulu.com – Diduga karena proses yang masih berlarut, seperti air bersih dan listrik perehaban lantai tiga rumah susun sewa (rusunawa) yang berada di Kelurahan Dusun Besar, Kota Bengkulu bakal tuntas setelah lebaran.

“Saat ini prosesnya tinggal finising, seperti air bersih dan listrik. lalu masih rehab beberapa bagian kecil lainnya, memang sebelumnya mengalami rusak berat akibat beberapa tahun terakhir tidak dirawat dan diawasi dengan baik oleh pemerintah. Kementerian PU sedang bekerja maksimal melakukan perehaban,” kata Plt Kepala Dinas PU Nuriyansyah.

Mengenai berapa dana yang dikucurkan untuk perehaban total Rusunawa tersebut, dia mengaku tidak tahu pasti, sebab dana perehaban langsung dari kementerian pusat, sedangkan pihak PU kota hanya melakukan pengawasan saja.

“Wah kurang tahu, sebab seluruh biaya perehaban tersebut ditanggung oleh Kementerian PU Pusat dengan dana APBN,” tambahnya.

Sementara saat ini pemerintah pusat telah bersedia memperbaikinya kemudian diserahkan menjadi aset Pemerintah Kota Bengkulu.

“Bukan terbengkalai tapi hanya kurang perawatan saja, saat ini Rusunawa masih dihuni sekitar 24 kepala keluarga,” tambahnya.

Diketahui bahwa kriteria masyarakat yang dibolehkan untuk menempati Rusunawa itu yakni keluarga yang memiliki anggota maksimal 5 orang, berpenghasilan sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) namun belum memiliki rumah.

Ketika menempati Rusunawa ini juga hanya bisa selama 3 tahun dan boleh diperpanjang selama 1 kali, setelah itu tidak boleh lagi dan harus digantikan orang lain.

“Ya memang harus bergantian, jadi kisaran empat tahun saja, kemudian orang lain lagi yang menggantikan,” tutupnya.

Sebelumnya Rusunawa yang dibangun pemerintah pusat sejak tahun 2009 itu pada lantai satu dan lantai dua. Namun pada tahun 2013 Dinas Pekerjaan Umum Kota Bengkulu melakukan proses perehapan dilantai tiga yang pada saat ini pembangunan tersebut hampir rampung.(dex)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

10 − 4 =

News Feed