oleh

Samisake, Rp 200 Juta Untuk Kelurahan Betungan

Pembagian Samisake di Kelurahan betungan
Pembagian Samisake di Kelurahan betungan

kupasbengkulu.com – Sebanyak Rp 200 juta dana bergulir ‘Satu Miliar Satu Kelurahan’ (Samisake) dikucurkan, kali ini di Kelurahan Betungan, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu, pada Kamis (13/02/2014).

Dana Samisake ini diserahkan langsung oleh Walikota Helmi Hasan, bersama Kadis Kooperasi Pembinaan Usaha Mikro Menengah Kota Bengkulu, Erwan Syafrizal, SE.,  yang diperuntukkan kepada 48 KK di kecamatan tersebut.

“Dana bergulir ini bunganya sangat kecil, hanya 0,5% per bulan, tidak ada bank atau kooperasi mana pun yang memberikan kebijakan seperti ini,” ulang Helmi seperti dalam sambutannya terdahulu.

Helmi mengatakan dirinya tak ingin lagi mendengar ada masyarakat miskin di Kota Bengkulu yang tak punya penghasilan karena kekurangan modal usaha. Walaupun sedikit dana ini harus dimanfaatkan agar angka pengangguran Kota Bengkulu semakin diminimalisir.

“Jangan lagi ada warga yang mengeluh bilang tidak ada modal. Dari awal kita sudah sarankan untuk daftar Program Samisake yang hanya ada satu-satunya di dunia,” katanya lagi.

Menurut Helmi, pengembalian dana Samisake ini juga fleksibel. Warga bisa mengembalikan harian, mingguan, atau bulanan, tergantung kemampuan masing-masing.

“Dalam pengembaliannya mudah saja, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Warga bisa datang langsung ke LMK-BKM masing-masing. Atau bisa juga petugas yang mendatangi warga,” ujar Helmi.

Di samping itu, Helmi menekankan kepada setiap warga untuk tidak memberikan imbalan atau bayaran apa pun kepada petugas atau pengurus Samisake.

“Tidak usah sok baik ingin memberikan ‘uang rokok’ kepada petugas, karena Samisake ini tidak dibenarkan adanya pungutan liar (pungli),” tekannya.

Diungkapkan Ridwan efendi (52) Lurah Betungan, dana Samisake yang diberikan kepada 48 KK ini jumlahnya disetarakan, sehingga tiap-tiap orang mendapatkan bagian yang sama, yakni Rp 2 juta.

“Setiap Kepala Keluarga mendapat Rp 2 juta, kita ‘pukul rata’. Untuk tahap selanjutnya nanti mungkin bisa lebih,” papar Ridwan. (val/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed