Selasa, Mei 28, 2024

Soal HGU PT PDU, Dewan Minta BPN Kaji Ulang

Bengkulu Utara, kupasbengkulu.com – Rapat Pembahasan di Ruang Komisi II DPRD Bengkulu Utara dengan Pihak Badan Pertananahan Nasional (BPN), dengan agenda penyelesaian Hak Guna Usaha (HGU), Perusahaan Purnawirawan Dharma Utama PT. (PDU), di Kecamatan Lais, Rabu (24/12/2014) berlangsung alot.

Pasalnya, dari anggota dewan terhadap mempertanyakan kepada pihak BPN, jika HGU PDU dengan luas sekitar 4.000 Hektare (Ha) tersebut telah dipindah tangankan kepada Perusahaan Permata Biru yanga mana tidak sesuai dengan izin garap. Sementara, HGU yang dikuasai oleh PDU komuditinya adalah Coklat dan dilanjutkan dengan Permata Biru komuditi sawit.

“Seharusnya pihak BPN lebih jeli dalam memberikan perpanjangan izin HGU kepada pihak perusahaan. Dengan demikian, berarti pihak BPN sendiri terkesan tutup mata,” tegas Ketua Komisi II DPRD Bengkulu Utara, Fitra Martin.

Ia mengatakan, dengan kajian tersebut, sepatutnya pihak BPN untuk lebih transpran dalam memberikan soal perizinan kepada pihak perusahaan perkebunan yang ada di Bengkulu Utara terhadap HGU.

“Jika pihak BPN Bengkulu Utara tidak mampu untuk memberikan solusi dalam penyelesaian HGU PDU, maka kita akan melakukan pengiriman surat kepada pihak Kanwil BPN provinsi. Hal itu kita lakukan, demi untuk terciptanya komflik yang berkepanjangan yang tak kunjung terselesaikan,” kata Fitra.

Lain lagi yang dikatakan Kepala Badan Pertanahan Bengkulu Utara, Adam. Ia mengatakan, persoalan HGU perkebunan milik PDU dengan luas kurang lebih 4.000 Ha tersebut, berdasarkan izin yang dimiliki oleh perusahaan berakhir pada Bulan Desember tahun 2018.

Kemudian lanjut dia,terkait dengan adanya perubahan komuditi yang ada di HGU perusahaan itu bukan ranah pihak BPN. Artinya, kapasitas BPN adalah terhadap hak tanah yang dikuasai perusahaan dengan izin yang ada merupakan wewenang pihak provinsi.

“Kita memahami apa yang dimaksud oleh pihak dewan. Namun, kami pun memberikan penjelasan sesuai dengan hak dan kewenangan yang dimiliki oleh BPN Bengkulu Utara,” demikian Adam. (jon)

Related

Bhabinkamtibmas Polsek Ketahun Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Kupas News, Bengkulu Utara – Polres Bengkulu Utara melalui...

Polisi Lakukan Pengamanan Ibadah Paskah di Gereja Arga Makmur

Swafoto Bhabinkamtibmas Polres Bengkulu Utara saat melakukan pengamanan Ibadah...

5 Desa di Bengkulu Utara Terima Bantuan dari Polsek Batik Nau

Kapolsek Batik Nau saat menyerahkan bantuan kemanusiaan di Bengkulu...

Polisi Sita Puluhan Liter Minuman Tuak di Bengkulu Utara

Anggota polsek Lais saat menunjukan hasil sitaan minuman keras...

Bank Indonesia dan Komisi XI DPR RI Sosialisasikan QRIS di Arga Makmur

She Asa Handarzeni saat mengisi materi pada acara kegiatan...