oleh

Suka Makan Bunga Pepaya? Ini Kesehatan yang Didapat

Menu lezat bunga pepaya
Menu lezat bunga pepaya

kupasbengkulu.com – Mengonsumsi bunga pepaya atau kates ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun kupasbengkulu.com, ternyata bunga pepaya mengandung Alkaloid Carpein yang berfungsi mengobati penyakit jantung.

Selain mengandung senyawa Alkaloid Carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji klinis, senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya tersebut mampu mengatasi pengaruh radikal bebas dalam tubuh manusia, juga dapat membersihkan darah.

Di Bengkulu bunga pepaya acap kali diolah dalam bentuk tumisan maupun sambal bunga pepaya yang merupakan salah satu makanan tradisonal. Tidak sulit menemukan makanan ini, karena sebagian masyarakat Bengkulu menjadikan bunga pepaya sebagai masakan favorit. Beberapa rumah makan tradisional di Bengkulu juga menyajikan sebagai menu wajib.

Karena rasanya yang pahit, sebelum dikonsumsi bunga pepaya harus diolah sedemikian rupa untuk mengurangi rasa pahitnya. Berikut kupasbengkulu.com akan bebagi tips untuk mengolah bunga pepaya. Pertama, siapkan daun jambu biji yang nanti akan digunakan sebagai campuran rebusan bunga pepaya. Daun jambu biji dipercaya mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa pahit.

Selanjutnya masukkan daun jambu biji ke bagian dasar panci, taruh bunga pepaya diatasnya, kemudian masukkan lagi daun jambu biji dibagian paling atas. Tutup panci, rebus kurang lebih selama 20 menit. Setelah matang pisahkan daun jambu dan bunga pepaya, lalu tiriskan.

Siapkan bumbu, satu siung bawang putih, tiga siung bawang merah, dua sendok makan cabe giling, garam dan mecin, minyak goreng secukupnya dan satu keleng sarden. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Selanjutnya masukkan cabe merah, kemudian rebusan bunga pepaya. Terakhir masukkan ikan sarden. Dijamin setelah mencoba resep ini, sambal bunga pepaya tidak akan terasa pahit dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

sixteen + twelve =

News Feed