oleh

Tarian Naik Pangkek dan Berijo Hibur Tamu HPN

tarian tradisonal

kupasbengkulu.com – Panggung hiburan rakyat di lokasi pameran pers, HPN Expo, dan pasar rakyat di kawasan sport centre Pantai Panjang Kota Bengkulu, Kamis (6/2/2014), malam, diisi oleh tarian naik pangkek dan tarian berijo.

Penampilan 2 tarian tradisional Bengkulu ini, berhasil memukau para tamu Hari Pers Nasional (HPN) 2014 yang hadir dalam pembukaan acara tersebut.

Dijelaskan Pelatih Tari, Bambang, bahwa tari naik pangkek biasanya ditampilkan pada saat ritual tabot besanding tanggal 9 Muharram.

Tarian ini, tambah dia, untuk mengenang perjuangan Hasan dan Husen, cucu Nabi Muhammad, SAW, dalam menyiarkan agama Islam.

Sementara itu, Tari Berijo, menggambarkan perjuangan masyarakat bengkulu untuk mempertahankan hidup. Digambarkan juga, dalam menari para penari menggunakan properti piring dan sendok. Sebanyak 7 orang penari ini digabungkan dari perwakilan sanggar yang ada di Kota Bengkulu.

“Kedua tarian ini selain dipersembahkan untuk para tamu yang datang, juga untuk mempromosikan ritual tabot dan cara masyarakat Bengkulu mencari nafkah” tandasnya.(cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed